KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME EDUKASI SIKLUS HIDROLOGI BERBASIS MOBILE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V GUGUS BUDI UTOMO KOTA SEMARANG


Mutiara Niken Endra Saputri , 1401415449 (2019) KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME EDUKASI SIKLUS HIDROLOGI BERBASIS MOBILE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V GUGUS BUDI UTOMO KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME EDUKASI SIKLUS HIDROLOGI BERBASIS MOBILE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V GUGUS BUDI UTOMO KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME EDUKASI SIKLUS HIDROLOGI BERBASIS MOBILE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V GUGUS BUDI UTOMO KOTA SEMARANG) - Published Version
Download (941kB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran yang mendukung pembelajaran IPA di SD Gugus Budi Utomo Kota Semarang masih terbatas, sehingga dalam mengajar guru tidak selalu menggunakan media pembelajaran. Siswa kurang antusias, cepat merasa bosan dan tidak sedikit yang beranggapan bahwa muatan pembelajaran IPA merupakan pembelajaran yang sulit, sehingga hasil belajar siswa menjadi kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan media pembelajaran game edukasi siklus hidrologi terhadap hasil belajar IPA materi siklus hidrologi kelas V SD Gugus Budi Utomo Kota Semarang. Desain penelitian menggunakan quasi experimental design dengan bentuk nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD Gugus Budi Utomo Kota Semarang yang terdiri atas 5 SD. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik random sampling, terdiri atas siswa SDN Jatibarang 01 sebagai kelas eksperimen, SDN Jatibarang 02 sebagai kelas kontrol, dan SDN Kedungpane 01 sebagai kelas uji coba. Variabel terikatnya adalah hasil belajar muatan pembelajaran IPA. Variabel bebasnya adalah game edukasi siklus hidrologi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Analisis data akhir meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) media pembelajaran game edukasi siklus hidrologi di kelas eksperiman lebih efektif daripada media pembelajaran berbasis video di kelas kontrol; (2) ketuntasan belajar di kelas eksperimen mencapai 75% sedangkan di kelas kontrol tidak; (3) kenaikan nilai pretest dan posttest di kelas eksperimen memiliki N-Gain (0,65) lebih tinggi dibanding N-Gain di kelas kontrol (0,54). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran game edukasi siklus hidrologi lebih efektif dibandingkan dengan media pembelajaran berbasis video. Saran penelitian yaitu pengunaan media pembelajaran dalam pembelajaran menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan, merangsang siswa aktif mengikuti pembelajaran IPA sehingga siswa akan memperoleh hasil maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Game Edukasi Siklus Hidrologi.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 27 Jan 2020 13:09
Last Modified: 27 Jan 2020 13:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34783

Actions (login required)

View Item View Item