KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN METODE TPR (TOTAL PHYSICAL RESPONSE) DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA DAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTS AL ANWAR SARANG REMBANG


Fitria Febriantic Putri , 2303415031 (2019) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN METODE TPR (TOTAL PHYSICAL RESPONSE) DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA DAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTS AL ANWAR SARANG REMBANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN METODE TPR (TOTAL PHYSICAL RESPONSE) DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA DAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTS AL ANWAR SARANG REMBANG]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN METODE TPR (TOTAL PHYSICAL RESPONSE) DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA DAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTS AL ANWAR SARANG REMBANG) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Keterampilan Berbicara dan Menulis merupakan dua dari 4 keterampilan berbahasa yang harus dicapai siswa dalam pembelajaran bahasa Arab. Dalam keterampilan berbicara maupun menulis peserta didik dipersiapkan untuk dapat berbicara maupun menulis dengan baik. Kemampuan berbicara dan menulis bahasa Arab siswa kelas VII MTs Al Anwar Sarang Rembang tergolong masih rendah, hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor baik dari segi sarana yang kurang, maupun metode yang digunakan kurang kreatif dan inovatif. Oleh karena itu, kedua keterampilan tersebut membutuhkan metode yang kreatif dan membuat antusias peserta didik menjadi tinggi sehingga peserta didik bersemangat dalam belajar bahasa Arab. Salah satu metode pembelajaran yang bisa digunakan adalah dengan menggunakan metode TPR (Total Physical Response). Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan penggunaan metode pembelajaran TPR (Total Physical Response) dalam keterampilan berbicara dan menulis bahasa Arab siswa kelas VII MTs Al Anwar Sarang Rembang tahun ajaran 2018/2019. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui efektifitas Metode TPR (Total Pysichal Response) dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Arab siswa kelas VII MTs Al Anwar Sarang Rembang, (2) Untuk mengetahui efektifitas metode TPR (Total Pysichal Response) dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Arab siswa kelas VII MTs Al Anwar Sarang Rembang. Jenis dan desain penelitian ini adalah kuantitatif dan kuasi eksperimen dengan pola nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Instrumen tes yang digunakan berupa tes tertulis, dan tes lisan. Sedangkan instrumen non tes yang digunakan berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode TPR (Total Physical Response) efektif dalam pembelajaran keterampilan berbicara dan menulis bahasa Arab siswa kelas VII MTs Al Anwar sarang Rembang. Hal ini terbukti dengan hasil tes yang menunjukkan bahwa peningkatan nilai kelompok eksperimen dari hasil pretest ke posttest lebih besar dari kelompok kontrol. Besar peningkatan nilai rata-rata pre-test dan post-test kelas eksperimen untuk keterampilan berbicara yaitu nilai rata-rata pre-test 63,5 dan post-test yaitu 69,5 . Sedangkan untuk kelas kontrol nilai rata-rata untuk pre-test yaitu 51,8 dan post-test yaitu 56,0. Untuk keterampilan menulis besarnya nilai rata-rata pada kelas eksperimen yaitu nilai rata-rata pre-test 67,3 dan post-test yaitu 76,8. Sedangkan untuk kelas kontrol nilai rata-rata pre-test yaitu 63,5 dan nilai rata-rata untuk post-test yaitu 69,6. Dari perhitungan menggunakan rumus t-test diperoleh thitung = 14,36 untuk keterampilan berbicara ttabel untuk n=30 dan dk=30+30-2= 58 adalah 2,045 dengan taraf signifikansi 5% karena thitung berada pada penolakan Ho maka Ha diterima. Sedangakan untuk keterampilan menulis diperoleh diperoleh thitung = 6,88 untuk keterampilan menulis ttabel untuk n=30 dan dk=30+30-2= 58 adalah 2,045 dengan taraf signifikansi 5% karena thitung berada pada penolakan Ho maka Ha diterima.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keefektifan Metode TPR (Total Physical Response), Keterampilan Berbicara, Keterampilan Menulis.
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 27 Jan 2020 12:46
Last Modified: 27 Jan 2020 12:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34782

Actions (login required)

View Item View Item