EFEKTIVITAS MEDIA FLASHCARD TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA NYARING (AL-JAHRIYAH) DAN MEMBACA DALAM HATI (ASH-SHAMITAH) BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTs NEGERI 1 PURBALINGGA TAHUN AJARAN 2018/2019


Vina Anisatul Fauji , 2303415014 (2019) EFEKTIVITAS MEDIA FLASHCARD TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA NYARING (AL-JAHRIYAH) DAN MEMBACA DALAM HATI (ASH-SHAMITAH) BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTs NEGERI 1 PURBALINGGA TAHUN AJARAN 2018/2019. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of EFEKTIVITAS MEDIA FLASHCARD TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA NYARING (AL-JAHRIYAH) DAN MEMBACA DALAM HATI (ASH-SHAMITAH) BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTs NEGERI 1 PURBALINGGA TAHUN AJARAN 2018/2019]
Preview
PDF (EFEKTIVITAS MEDIA FLASHCARD TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA NYARING (AL-JAHRIYAH) DAN MEMBACA DALAM HATI (ASH-SHAMITAH) BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTs NEGERI 1 PURBALINGGA TAHUN AJARAN 2018/2019) - Published Version
Download (961kB) | Preview

Abstract

Keterampilan membaca adalah salah satu keterampilan berbahasa yang dipelajari siswa dalam pembelajaran bahasa Arab. Keterampilan membaca ditinjau dari kegiatannya dibagi menjadi dua macam, yaitu membaca nyaring (al-qira’ah al-jahriyah) dan membaca dalam hati (al-qira’ah ash-shamitah). Kemampuan membaca nyaring dan membaca dalam hati siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Purbalingga masih rendah. Hal ini disebabkan kurangnya motivasi dan latihan siswa dalam membaca serta memahami teks bacaan. Faktor lain yaitu penggunaan media pembelajaran yang kurang inovatif. Oleh karena itu perlu adanya penerapan media pembelajaran yang inovatif sehingga siswa termotivasi belajar aktif dan menyanangkan. Salah satunya menerapkan media flashcard. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan dan efektivitas media flashcard dalam meningkatkan kemampuan membaca nyaring dan membaca dalam hati bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Purbalingga tahun ajaran 2018/2019. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan dan efektivitas media flashcard dalam meningkatkan kemampuan membaca nyaring dan membaca dalam hati bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Purbalingga tahun ajaran 2018/2019. Jenis dan desain penelitian ini adalah kuantitatif dan kuasi eksperimen dengan pola nonequivalent control design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Instrumen tes yang digunakan yaitu tes lisan dan tes tertulis. Instrumen non tes yang digunakan adalah angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peningkatan nilai kelompok eksperimen dari hasil pretest ke posttest lebih besar dari kelompok kontrol. Besarnya nilai rata-rata posttest membaca nyaring dan membaca dalam hati kelompok eksperimen berturut-turut adalah 82 dan 84,3 meningkat dari nilai rata-rata pretest sebelumnya yaitu 49,8 dan 57,4. Sedangkan pada kelompok kontrol diketahui bahwa rata-rata hasil pretest membaca nyaring dan membaca dalam hati 60,6 dan 67,4, dan rata-rata nilai posttest sebesar 72,1 dan 76,1. Dari perhitungan rumus t-test rata-rata membaca nyaring dan membaca dalam hati, diperoleh thitung sebesar 16,6 dan 1,82 lebih besar dari ttabel n = 37 (1,67). Maka Ha diterima, atau dengan kata lain penggunaan media flashcard efektif untuk meningkatkan keterampilan kemampuan membaca nyaring (al-qira’ah al-jahriyah) dan membaca dalam hati (al-qira’ah ash-shamitah) bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Purbalingga tahun ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Flashcard, Keterampilan Membaca Nyaring dan Membaca dalam Hati Bahasa Arab
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 27 Jan 2020 12:35
Last Modified: 27 Jan 2020 12:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34779

Actions (login required)

View Item View Item