TADRIBIYYAH: BUKU LATIHAN BAHASA ARAB BAGI SISWA TAMAN KANAK-KANAK (TK) KELOMPOK B DI KABUPATEN NGAWI


Rina Susanti , 2303415010 (2019) TADRIBIYYAH: BUKU LATIHAN BAHASA ARAB BAGI SISWA TAMAN KANAK-KANAK (TK) KELOMPOK B DI KABUPATEN NGAWI. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of TADRIBIYYAH: BUKU LATIHAN BAHASA ARAB BAGI SISWA TAMAN KANAK-KANAK (TK) KELOMPOK B DI KABUPATEN NGAWI]
Preview
PDF (TADRIBIYYAH: BUKU LATIHAN BAHASA ARAB BAGI SISWA TAMAN KANAK-KANAK (TK) KELOMPOK B DI KABUPATEN NGAWI) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kebijakan pemerintah untuk mengajarkan bahasa Arab di Taman Kanak-kanak (TK) namun tidak diiringi dengan tersedianya buku pembelajaran khusus bahasa Arab untuk siswa Taman Kanak-kanak (TK) kelompok B yang disajikan sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan siswa. Pada masa usia dini, anak sudah memiliki kemampuan yang cukup kompleks. Mereka mampu mengikuti dan memahami materi dengan beberapa kegiatan atau latihan yang menyenangkan. Oleh karena itu, pengembangan buku pembelajaran berbasis latihan bahasa Arab yang menarik sangat dibutuhkan. Permasalahan yang dikaji pada penelitian ini yaitu (1) bagaimana analisis kebutuhan guru terhadap media TADRIBIYYAH: buku latihan bahasa Arab bagi siswa Taman Kanak-kanak (TK) kelompok B, (2) bagaimana purwarupa media TADRIBIYYAH, (3) bagaimana validasi penilaian guru dan ahli terhadap purwarupa media TADRIBIYYAH, dan (4) bagaimana analisis SWOT media pembelajaran untuk siswa Taman Kanak-kanak sebelumnya dengan media TADRIBIYYAH. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D). Tahapan penelitian yang dilalui dalam penelitian ini hanya sampai tahap lima, yaitu revisi desain setelah mengetahui validasi ahli dan guru. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, para guru menghendaki adanya pengembangan buku latihan bahasa Arab bagi siswa Taman Kanak-kanak (TK) kelompok B yang terdiri atas delapan tema yaitu diri sendiri, keluarga, lingkungan, binatang, tanaman, kendaraan, alam semesta, dan Indonesia. Kedua, purwarupa media TADRIBIYYAH meliputi (1) fisik media terdiri atas bentuk, ukuran, dan desain tempat luar media, (2) bagian awal terdiri atas penjelasan singkat dan desain sampul luar dan dalam media, (3) bagian isi (materi) dan evaluasi berupa latihan. Ketiga, rata-rata nilai aspek isi adalah 86, rata-rata nilai aspek bahasa yaitu 88, rata-rata nilai aspek penyajian yaitu 88, dan rata-rata nilai aspek grafis yaitu 88. Sehingga rata-rata nilai yang diperoleh secara keseluruhan adalah 87 termasuk kategori 4 (sangat layak/sangat sesuai). Keempat, kekuatan produk baru yaitu sebagai sarana belajar khusus bahasa Arab bagi siswa TK, meningkatkan ketertarikan siswa karena berisi kegiatan/latihan yang menyenangkan dan sesuai perkembangan siswa, dan meningkatkan kreativitas siswa dan membangun pendidikan karakter pada siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media TADRIBIYYAH adalah produk yang sangat layak dan benar-benar baru serta unggul untuk pembelajaran bahasa Arab bagi siswa TK.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: TADRIBIYYAH
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 27 Jan 2020 12:28
Last Modified: 27 Jan 2020 12:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34777

Actions (login required)

View Item View Item