PENGEMBANGAN BUKU SAKU KOSAKATA DWI BAHASA (ARAB-INGGRIS) SEBAGAI PENUNJANG PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA MADRASAH TSANAWIYAH KELAS VII DI KABUPATEN KUDUS TAHUN 2019


Khoiriyatul Wasiah , 2303415004 (2019) PENGEMBANGAN BUKU SAKU KOSAKATA DWI BAHASA (ARAB-INGGRIS) SEBAGAI PENUNJANG PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA MADRASAH TSANAWIYAH KELAS VII DI KABUPATEN KUDUS TAHUN 2019. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGEMBANGAN BUKU SAKU KOSAKATA DWI BAHASA (ARAB-INGGRIS) SEBAGAI PENUNJANG PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA MADRASAH TSANAWIYAH KELAS VII DI KABUPATEN KUDUS TAHUN 2019]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN BUKU SAKU KOSAKATA DWI BAHASA (ARAB-INGGRIS) SEBAGAI PENUNJANG PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA MADRASAH TSANAWIYAH KELAS VII DI KABUPATEN KUDUS TAHUN 2019) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa untuk memahami kosakata bahasa Arab. Hal tersebut dikarenakan kosakata yang ada di dalam buku ajar yang disediakan oleh sekolah belum disajikan sesuai dengan kondisi dan kebutuhan pada siswa kelas VII MTs. Besarnya minat untuk mempelajari bahasa Arab masih terkendala dikarenakan kurang tersedianya buku penunjang bahasa Arab dan penyajian buku yang digunakan terlalu monoton. Berdasarkan hal ini hendaknya dikembangkan buku penunjang yang kreatif dan inovatif untuk memahamkan kosakata siswa. Oleh karena itu, pengembangan buku saku “dwi bahasa (Arab-Inggris)” yang menarik sangat dibutuhkan. Permasalahan yang dikaji pada penelitian ini yaitu (1) bagaimana analisis kebutuhan guru dan siswa terhadap buku saku, (2) bagaimana purwarupa kebutuhan guru dan siswa terhadap buku saku, (3) bagaimana validasi ahli dan guru terhadap buku saku, dan (4) bagaimana analisis SWOT terhadap buku saku. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D). Tahapan penelitian yang dilalui dalam penelitian ini hanya sampai tahap lima yaitu revisi desain setelah mengetahui validasi ahli dan guru. Data penelitian diperoleh dengan teknik nontes meliputi wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, Siswa maupun guru membutuhkan buku penunjang berbentuk buku saku kosakata dwi bahasa (Arab-Inggris) yang terdiri dari tiga tema yaitu alamat, rumah dan keluarga. Kedua, purwarupa buku saku meliputi (1) fisik buku terdiri dari bentuk buku dan ukuran buku serta desain sampul buku, (2) bagian awal terdiri dari sampul dalam, motto, pengantar, pedoman, dan daftar isi, (3) bagian isi terdiri dari kosakata, kata motivasi, dan evaluasi, (4) bagian akhir terdiri dari daftar pustaka dan profil pengarang. Ketiga, penilaian aspek isi memperoleh nilai 95 dari guru dan ahli. Pada aspek bahasa, memeroleh nilai 94 dari guru dan ahli. Pada aspek penyajian memperoleh nilai 93 dari guru dan ahli. Sementara itu, pada aspek kegrafikan memperoleh nilai 92 dari guru dan ahli, Sehingga rata-rata nilai yang diperoleh secara keseluruhan adalah 93 termasuk kategori 4 (sangat layak/sangat sesuai).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kosakata, Media Buku Saku Kosakata “Dwi Bahasa (Arab-Inggris)”
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 27 Jan 2020 12:20
Last Modified: 27 Jan 2020 12:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34775

Actions (login required)

View Item View Item