EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS BAHASA ARAB KELAS XI MAN 2 KOTA SEMARANG TAHUN AJARAN 2018/2019


Ahmad Muhtariul Ulum , 2303414041 (2019) EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS BAHASA ARAB KELAS XI MAN 2 KOTA SEMARANG TAHUN AJARAN 2018/2019. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS BAHASA ARAB KELAS XI MAN 2 KOTA SEMARANG TAHUN AJARAN 2018/2019]
Preview
PDF (EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS BAHASA ARAB KELAS XI MAN 2 KOTA SEMARANG TAHUN AJARAN 2018/2019) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Keterampilan membaca dan menulis merupakan keterampilan berbahasa yang harus dicapai siswa dalam pembelajaran bahasa Arab. Kemampuan membaca dan menulis siswa kelas XI MAN 2 Kota Semarang tergolong masih rendah. Antusiasme dan keaktifan siswa masih kurang disebabkan oleh beberapa faktor yang salah satunya adalah metode maupun model yang diaplikasikan dalam pembelajaran kurang inovatif dan monoton. Oleh karena itu, perlu adanya pengembangan model yang inovatif dalam pembelajaran sehingga siswa termotivasi belajar dengan aktif dan menyenangkan. Salah satunya adalah dengan menerapkan model pembelajaran Examples non Examples. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan dan efektivitas penggunaan model pembelajaran Examples non Examples dalam pembelajaran keterampilan membaca dan menulis bahasa Arab siswa kelas XI MAN 2 Kota Semarang tahun ajaran 2018/2019. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran Examples non Examples dalam keterampilan membaca dan menulis bahasa Arab siswa kelas XI MAN 2 Kota Semarang tahun ajaran 2018/2019. Jenis dan desain penelitian ini adalah kuantitatif dan kuasi eksperimen dengan pola nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Instrumen tes yang digunakan berupa tes lisan dan tertulis. Instruumen nontes yang digunakan adalah angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan nilai kelompok eksperimen dari hasil pre-test ke post-test lebih besar dari kelompok kontrol. Besarnya nilai rata-rata post-test keterampilan membaca dan menulis kelompok eksperimen berturut-turut adalah 68,76 dan 69,90 meningkat hingga 29% dan 37% dari nilai rata-rata pre-test yang sebelumnya adalah 53,14 dan 51,05. Sedangkan diketahui pada kelompok kontrol rata-rata dari nilai pre-test qiro’ah dan kitabah berturut-turut adalah 53,52 dan 50,71, dan rata-rata dari nilai post-test keduanya adalah 59,10 dan 54,86, sehingga terlihat jelas pula bahwa dari nilai pre-test ke post-test meningkat 10% dan 8% saja. Dari perhitungan uji hipotesis menggunakan rumus t-test, hipotesis yang diterima adalah hipotesis kerja yang menyatakan bahwa model Examples non Examples efektif untuk pembelajaran keterampilan membaca dan menulis bahasa Arab siswa kelas XI MAN 2 Kota Semarang Tahun Ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Membaca dan Menulis, Model Examples non Examples
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 27 Jan 2020 12:07
Last Modified: 27 Jan 2020 12:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34772

Actions (login required)

View Item View Item