ARABIC TALKING DOLL: MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK KETRAMPILAN MENYIMAK KELAS VIII MTS DI KABUPATEN PURBALINGGA


Ernita Nofiarti , 2303414038 (2019) ARABIC TALKING DOLL: MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK KETRAMPILAN MENYIMAK KELAS VIII MTS DI KABUPATEN PURBALINGGA. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of ARABIC TALKING DOLL: MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK KETRAMPILAN MENYIMAK KELAS VIII MTS DI KABUPATEN PURBALINGGA]
Preview
PDF (ARABIC TALKING DOLL: MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK KETRAMPILAN MENYIMAK KELAS VIII MTS DI KABUPATEN PURBALINGGA) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasari oleh adanya permasalahan dalam pembelajaran keterampilan Menyimak bahasa Arab pada siswa kelas VIII MTs. Permasalahan tersebut adalah kurangnya kemampuan siswa dalam melakukan kegiatan menyimak bahasa Arab. Hal ini disebabkan oleh kurangnya media pembelajaran yang digunakan dalam menyampaikan pembelajaran, sehingga pembelajaran masih berpusat pada guru. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini berupaya mengembangkan media pembelajaran untuk keterampilan menyimak dengan menggunakan media pembelajaran yang bernama Arabic Talkiing Doll. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini yaitu 1) bagaimana analisis kebutuhan guru dan siswa terhadap media Arabic Talking Doll, 2) bagaimana prototipe media Arabic Talking Doll, 3) bagaimana validasi penilaian guru dan ahli terhadap desain atau prototipe media Arabic Talking Doll.Manfaat dari penelitian ini menghasilkan sebuah produk berupa media pembelajaran Arabic Talking Doll untuk membantu siswa kelas VIII MTs dalam belajar keterampilan menyimak bahasa Arab. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, guru dan siswa menghendaki adanya pengembangan media Arabic Talking Doll untuk keterampilan menyimak bahasa Arab siswa kelas VIII MTs yang terdiri tema المهنة (profesi), اللاعبونَ الرياضيون (pemain olahraga), Kedua, prototipe media Arabic Talking Doll dikembangkan dengan dua bagian meliputi (a) fisik media Arabic Talking Doll, terdiri dari bentuk, ukuran dan desain media; dan (b) bagian isi yang terdiri dari kosakata, materi, dan evaluasi Penilaian dan saran perbaikan oleh guru dan ahli didasarkan pada aspek utama dalam media pembelajaran. Aspek isi memperoleh nilai 82,76 dari guru dan ahli. Pada aspek bahasa, memeroleh nilai 86,53 dari guru dan ahli. Pada aspek penyajian memperoleh nilai 85,32 dari guru dan ahli. Sementara itu, pada aspek kegrafikan memperoleh nilai 89,85 dari guru dan ahli. Dapat kita ketahui bahwa nilai dari keseluruhan aspek kelayakan media adalah 86,11, yang mana itu berarti nilai keseluruhan aspek kelayakan media berada pada rentangan kategori sangat layak ( sangat sesuai). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran menghasilkan karakteristik pengembangan boneka edukatif “ Arabic Talking Doll” untuk keterampilan menyimak yang peneliti kembangkan layak (sesuai) untuk digunakan oleh siswa kelas VIII MTs guna meningkatkan pembelajaran bahasa Arab. Berdasarkan saran perbaikan dari guru dan ahli, dilakukan perbaikan pada empat aspek yaitu aspek isi, penyajian, bahasa, dan kegrafikan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Menyimak, Arabic Talking Doll, Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 27 Jan 2020 12:03
Last Modified: 27 Jan 2020 12:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34771

Actions (login required)

View Item View Item