GENDER FEMININ NOMINA DALAM AL QURAN (ANALISIS SINTAKSIS)”


Muhammad Hulam Rizkiana , 2303414029 (2019) GENDER FEMININ NOMINA DALAM AL QURAN (ANALISIS SINTAKSIS)”. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of GENDER FEMININ NOMINA DALAM AL QURAN (ANALISIS SINTAKSIS)”]
Preview
PDF (GENDER FEMININ NOMINA DALAM AL QURAN (ANALISIS SINTAKSIS)”) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Gender Feminin Nomina adalah nomina yang menyatakan perempuan, baik nama perempuan maupun laki-laki yang memiliki ciri-ciri perempuan yang ditandai ta’marbuthoh / ة/ . Terdapat ciri-ciri gender feminin yang melekat pada kata Arab. Ciri-ciri tersebut dapat membedakan kata gender maskulin dan feminin. Adapun ciri yang pertama adalah diakhirinya sebuah kata dengan imbuhan ta’marbuthoh, yang kedua maknanya menyatakan sesuatu yang berpasangan, yang ketiga terdapatnya ciri gramatikal yang menandai nomina jamak’ taksir, yang ke empat terkadang gender feminin ditandai dengan alif maqsurah, dan ciri yang terakhir yaitu ditandai dengan alif mamdudah. Tujuan Penelitian ini adalah : (1) Mengetahui bentuk gender feminin dengan sufiks ta’, (2) Mengetahui bentuk gender feminin dengan sufiks alif, (3) Mengetahui bentuk gender feminin tanpa sufiks. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain penelitian library research. Data berupa gender feminin nomina yang bersumber dari al Quran dengan sample pertimbangan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik menyimak. Instrumen yang digunakan berupa kartu data dan lembar rekapitulasi. Adapun teknik analisis datanya dilakukan dengan teknik distribusional. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa di dalam al Quran terdapat beberapa kategori gender feminin nomina. Data yang dianalisis 107 data, terdiri dari 20 data gender feminin sufiks ta’ marbuthoh, terdiri dari 1 data gender feminin ta’ marbuthoh hakiki, 16 data gender feminin ta’ marbuthoh majazi, 3 gender feminin ta’marbuthoh pada jamak taksir; 20 data gender feminin nomina sufiks ta’ maftuchah, 20 data gender feminin nomina sufiks alif maqsurah, 20 data gender feminin nomina sufiks alif mamdudah dan dan 20 data gender feminin nomina jamak taksir, serta 7 data gender feminin nomina pada nomina berpasangan, terdiri dari 3 data kategori anggota tubuh dan 4 data alam/benda.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Gender feminin nomina; ta’ marbuthoh; ta’ maftuchah; alif maqsurah; alif mamdudah; nomina berpasangan dan jamak taksir
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 27 Jan 2020 11:56
Last Modified: 27 Jan 2020 11:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34769

Actions (login required)

View Item View Item