STUDI KOMPARASI KEEFEKTIFAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NHT DAN MAM TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS III SD NEGERI KAUMAN 2 DAN 5 KABUPATEN BATANG


Maulida Putri , 1401415447 (2019) STUDI KOMPARASI KEEFEKTIFAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NHT DAN MAM TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS III SD NEGERI KAUMAN 2 DAN 5 KABUPATEN BATANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of STUDI KOMPARASI KEEFEKTIFAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NHT DAN MAM TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS III SD NEGERI KAUMAN 2 DAN 5 KABUPATEN BATANG]
Preview
PDF (STUDI KOMPARASI KEEFEKTIFAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NHT DAN MAM TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS III SD NEGERI KAUMAN 2 DAN 5 KABUPATEN BATANG) - Published Version
Download (580kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan keefektifan penerapan model pembelajaran NHT dan MAM terhadap hasil belajar IPS siswa kelas III SD Negeri Kauman 2 dan 5 Kabupaten Batang. Penelitian ini menggunakan quasi experimental design dengan bentuk nonequivalent control grup design. Jumlah populasi yaitu 59 siswa kelas III SD Negeri Kauman 2 sebanyak 20 siswa sebagai kelompok eksperimen 1, siswa SD Negeri Kauman 5 sebanyak 19 siswa sebagai kelompok eksperimen 2, dan SD Negeri Kauman 3 sebanyak 20 siswa sebagai kelompok kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh, di mana seluruh anggota populasi dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data meliputi dokumentasi, wawancara, observasi, dan tes.Rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 1 sebesar 88,5, kelas eksperimen 2 sebesar 85,2, dan kelas kontrol sebesar 76,5. Analisis inferensial menggunakan uji ANOVA dengan uji lanjut Tukey HSD dan Bonferroni. Uji lanjut berfungsi untukmenganalisis perbedaan antar kelas. Analisis uji lanjut, menunjukkan adanya perbedaan rata-rata hasil belajar antara kelas eksperimen 1 dengan kelas kontrol dengan rata-rata perbedaan sebesar 12 dan secara statistik terdapat perbedaan yang signifikan dengan nilai signifikansi sebesar 0.000 (0,000 < 0,005). Begitu pula dengan perbedaan ratarata kelas eksperimen 2 dengan kelas kontrol yang menunjukan perbedaan yang signifikan dengan rata-rata perbedaan hasil belajar sebesar 8,76 dengan nilai signifikansi 0,003 (0,003 < 0,05). Rata-rata perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 adalah 3,15 dengan nilai signifikansi sebesar 0,412 (0,412 > 0,05) sehingga dapat disimpulkan perbedaanya tidak signifikan. Selanjutnya pada uji keefektifan kelas eksperimen 1 dengan menggunakan uji t didapatkan thitung lebih besar dari ttabel (4,811 > 2,056) sehingga kesimpulanya model NHT efektif terhadap hasil belajar IPS. Begitu jugapada kelas eksperimen 2 didapatkan thitung lebih besar dari ttabel (3,442 > 2, 056) maka dari itu model MAM efektif terhadap hasil belajar IPS. Sedangkan pada ujikeefektifan kelas eksperimen 1 dan 2 didapatkan thitung lebih kecil dari ttabel (1,305 < 2,056) tidak ada perbedaan yang signifikan sehingga dapat disimpulkan bahwamodel NHT dan MAM sama-sama efektif terhadap hasil belajar IPS.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Numbered Head Together; Make A Match; Hasil Belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 23 Jan 2020 20:32
Last Modified: 23 Jan 2020 20:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34767

Actions (login required)

View Item View Item