PELAKSANAAN EKSTRAKURIKULER SENI MUSIK PADA SISWA TUNARUNGU DI SLB NEGERI SLAWI KABUPATEN TEGAL


Laeli Fitriani , 1401415444 (2019) PELAKSANAAN EKSTRAKURIKULER SENI MUSIK PADA SISWA TUNARUNGU DI SLB NEGERI SLAWI KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PELAKSANAAN EKSTRAKURIKULER SENI MUSIK PADA SISWA TUNARUNGU DI SLB NEGERI SLAWI KABUPATEN TEGAL]
Preview
PDF (PELAKSANAAN EKSTRAKURIKULER SENI MUSIK PADA SISWA TUNARUNGU DI SLB NEGERI SLAWI KABUPATEN TEGAL) - Published Version
Download (927kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pemikiran bahwa terdapat perbedaan antara anak tunarungu dan anak normal, baik fisik, mental, maupun emosi. Hal ini dapat mempengaruhi proses kegiatan ekstrakurikuler seni musik yaitu bermain pianika, sehingga kegiatan bermain pianika akan berbeda dengan anak normal. Perbedaan yang dimiliki seperti cara menyampaikan materi, penggunaan media dan metode, serta bahasa atau komunikasi yang digunakan. Fokus penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan ekstrakurikuler seni musik pada siswa tunarungu, baik materi, media, metode, hasil pelaksanaan ekstrakurikuler seni musik, faktor pendukung kegiatan ekstrakurikuler, kendala yang muncul, serta solusi untuk mengatasi kendala yang muncul dalam pelaksanaan ekstrakurikuler seni musik di SLB Negeri Slawi Kabupaten Tegal. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan cara pengumpulan data melalui teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan catatanlapangan. Teknik analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan hal-hal sebagai berikut: (1) Pelaksanaan ekstrakurikuler seni musik pada siswa tunarungu yaitu bermain alat musik pianika. (2) pelaksanaan ekstrakurikuler seni musik pada siswa tunarungu sudah berjalan cukup baik (3) Hasil pelaksanaan ekstrakurikuler seni musik yaitu bermain pianika sudah cukup baik namun siswa masih sangat bergantung dengan guru (4) faktor pendukung yang mempengaruhi kegiatan ekstrakurikuler seni musik pada siswa tunarungu di SLB Negeri Slawi sudah cukup baik. (5) terdapat empat kendala yang muncul dalam pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler seni musik pada siswa tunarungu di kelas IV dan V SLB Negeri Slawi, sulitnya siswa merespon informasi yang disampaikan oleh guru, siswa salah menekan angka not yang terdapat dipianika, siswa meniup selang pianika masih ada yang belum benar (meniupnya bocor) sehingga pianika tidak bunyi, siswa sulit mengikuti tempo dengan benar, ketidaksesuaian informasi atau perintah yang disampaikan oleh guru kepada siswa. Saran penelitian ini adalah untuk guru digunakan sebagai bahan referensi dalam mengajarkan ekstrakurikuler seni musik, sekolah digunakan untuk menjadi refrensi dalam menenutkan kebijakan kegiatan ekstrakurikuler seni musik, dan untuk peneliti lanjutan digunakan sebagai bahan refrensi untuk peneliti lanjutan dalam bidang yang sama.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: ekstrakurikuler, seni musik, SDLB, Tunarungu
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 23 Jan 2020 20:28
Last Modified: 23 Jan 2020 20:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34765

Actions (login required)

View Item View Item