PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD DABIN I KECAMATAN TALANG


Listianingsih , 1401415437 (2019) PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD DABIN I KECAMATAN TALANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD DABIN I KECAMATAN TALANG]
Preview
PDF (PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD DABIN I KECAMATAN TALANG) - Published Version
Download (711kB) | Preview

Abstract

Keberhasilan pendidikan di sekolah, dapat dilihat dari hasil belajar yang diperoleh siswa setelah melakukan pembelajaran. Hasil belajar tersebut digunakan oleh guru sebagai bahan evaluasi untuk mengukur apakah tujuan yang telah direncanakan sudah tercapai. Hasil belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya pelaksanaan pendekatan saintifik dalam pembelajaran dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Dabin I Kecamatan Talang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode ex post facto, dengan populasi sebanyak 323 siswa, sedangkan jumlah sampel penelitian sebanyak 184 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling jenis proportionate stratified random sampling. Teknik pengambilan datanya menggunakan dokumentasi, wawancara, dan angket. Terdapat tiga teknik analisis data yaitu analisis deskriptif, uji prasyarat, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat pengaruh yang signifikan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar, diperoleh nilai thitung > ttabel (9,604 > 1,973). Persentase sumbangan pengaruh pendekatan saintifik terhadap hasil belajar sebesar 33,6%; (2) terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar, diperoleh nilai thitung > ttabel (7,652 > 1,973). Persentase sumbangan pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar sebesar 24,3%; (3) terdapat pengaruh yang signifikan pendekatan saintifik dan motivasi belajar terhadap hasil belajar, diperoleh nilai Fhitung > Ftabel (53,338 > 3,046). Persentase sumbangan pengaruh pendekatan saintifik dan motivasi belajar terhadap hasil belajar sebesar 37,1%. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa pendekatan saintifik dan motivasi belajar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Disarankan bagi guru, hendaknya dapat membimbing serta mendorong siswa untuk melakukan pengamatan di luar kelas, mengamati suatu benda atau objek, dan membaca dengan teliti saat kegiatan pembelajaran dilaksanakan, sehingga pembelajaran menjadi lebih menyenangkan

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Matematika, Motivasi Belajar, Pendekatan Saintifik
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 23 Jan 2020 20:25
Last Modified: 23 Jan 2020 20:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34764

Actions (login required)

View Item View Item