KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN GUGUS KRESNA SEMARANG BARAT
Najma Ayu Al-Husna , 1401415424 (2019) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN GUGUS KRESNA SEMARANG BARAT. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN GUGUS KRESNA SEMARANG BARAT)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Imu pengetahuan sosial merupakan integrasi dari berbagai cabang ilmu-ilmu sosial dan humaniora.Luasnya cakupan Ilmu sosial mengakibatkan rendahnya minat siswa terhadap pembelajaran muatan IPS. Berdasarkan hasil identifikasi masalah di SDN Gugus Kresna Semarang Barat, penerapan model STAD yang digunakan guru kelas IV dalam membelajarkan IPS belum terprogram dengan baik, pemanfaatan media pembelajaran yang belum optimal dan siswa kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran mengakibatkan hasil belajar IPS pada Kelas IV rendah, ditunjukkan dengan lebih dari 50% siswa mendapatkan nilai di bawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan model Time Token berbantuan media Audiovisual dengan model Kooperatif tipe STAD berbantuan media Audiovisual terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SD dan mendeskripsikan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPS dengan model pembelajaran Time Token berbantuan media Audiovisual pada siswa kelas IV SDN Gugus Kresna Kecamatan Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian quasi experimentalberbentuknonequivalent control group designdengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Sehingga diperoleh SDN Kalibanteng Kulon 02 sebagai kelas eksperimen dan Siswa SDN Kalibanteng Kidul 03 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi dokumentasi, observasi, dan tes hasil belajar. Sebelum dilakukan uji analisis, dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dengan uji lilliefors kemudian uji homogenitas.Analisis data penelitian menggunakan uji t-test, N-Gain. Rata-ratanilai posttestkelas eksperimen sebesar 74,3077, dan kelas kontrol sebesar 54,2267.Berdasarkan uji t-test diperoleh thitung = 5,4460 dan ttabel= 1,997. Setelah dibandingkan maka hasilnya thitung lebih besar dari ttabel. Maka Ha diterima dan Ho ditolak sehingga terbukti model pembelajaran Time Token Berbantuan Media Audiovisual lebih efektif dibandingkan model Kooperatif tipe STAD berbantuan media audiovisual terhadap hasil belajar IPS SDN Gugus Kresna Semarang Barat. Oleh karena itu, model Time Token berbantuan media Audiovisual dapat dijadikan alternatif pembelajaran bagi guru.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Audiovisual; hasil belajar IPS; time token; student teams achievement division (STAD) |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 23 Jan 2020 20:23 |
Last Modified: | 23 Jan 2020 20:23 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34763 |
Actions (login required)
View Item |