PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR DI GUGUS DEWI SARTIKA KECAMATAN ADIWERNA KABUPATEN TEGAL


Lu’luil Maknun , 1401415414 (2019) PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR DI GUGUS DEWI SARTIKA KECAMATAN ADIWERNA KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR DI GUGUS DEWI SARTIKA KECAMATAN ADIWERNA KABUPATEN TEGAL]
Preview
PDF (PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR DI GUGUS DEWI SARTIKA KECAMATAN ADIWERNA KABUPATEN TEGAL) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Peran guru dalam dunia pendidikan sangat dominan terhadap pencapaian kualitas pendidikan, hal ini disebabkan karena gurulah yang menangani langsung dengan peserta didik, sehingga diperlukan upaya peningkatan kinerja guru. Faktor yang memengaruhi kinerja guru dapat berasal dari dalam maupun luar diri guru. Salah satu faktor yang memengaruhi kinerja guru adalah gaya kepemimpinan kepala sekolah. Kepala sekolah memiliki tanggung jawab dalam meningkatkan kinerja guru dalam pembelajaran. Upaya yang dapat dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas kinerja guru yakni dengan memberikan supervisi akademik terhadap guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan dan supervisi akademik kepala sekolah terhadap kinerja guru di Gugus Dewi Sartika Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal. Metode dalam penelitian ini adalah ex post facto. Populasi dalam penelitian ini yaitu guru kelas dan mata pelajaran di Gugus Dewi Sartika Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal berjumlah 110 guru dengan sampel penelitian berjumlah 91 guru. Terdapat tiga analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif variabel, uji prasyarat, dan anlisis akhir atau uji hipotsis Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru dengan hasil thitung>ttabel (2,690 > 1,987) dan besar sumbanagan sebesar 7,5%. (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara supervisi akademik dengan kinerja guru dengan hasil thitung>ttabel (2,351 > 1,987) dan besar sumbangan sebesar 5,8% (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara gaya kepemimpinan dan supervisi akademik kepala sekolah dengan kinerja guru dengan hasil Fhitung>Ftabel(3,707 > 3,100) dan besar sumbangan sebesar 7,8%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa gaya kepemimpinan dan supervisi akademik kepala sekolah terhadap kinerja guru di Gugus Dewi Sartika Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal. Semakin tinggi gaya kepemimpinan dan supervisi akademik, maka semakin tinggi pula kinerja guru di Gugus Dewi Sartika Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal. Disarankan kepada kepala sekolah dapat menemukan gaya kepemimpinan yang tepat dan meningkatkan kualitas supervisi akademik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: gaya kepemimpinan; kinerja guru; supervisi akademik.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 23 Jan 2020 20:18
Last Modified: 23 Jan 2020 20:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34761

Actions (login required)

View Item View Item