PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SD KELAS V SE DABIN II KECAMATAN TEGAL BARAT KOTA TEGAL


Muhammad Hafiz Awaludin , 1401415409 (2019) PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SD KELAS V SE DABIN II KECAMATAN TEGAL BARAT KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SD KELAS V SE DABIN II KECAMATAN TEGAL BARAT KOTA TEGAL]
Preview
PDF (PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SD KELAS V SE DABIN II KECAMATAN TEGAL BARAT KOTA TEGAL) - Published Version
Download (981kB) | Preview

Abstract

Perhatian orang tua dan motivasi belajar menjadi salah satu faktor yang dapat memengaruhi hasil belajar siswa. Siswa yang memiliki orang tua yang perhatian dan memiliki motivasi yang tinggi besar kemungkinan akan berkembang dengan baik, sehingga didalam proses belajar akan berpengaruh pada hasil belajar tersebut, khususnya hasil belajar matematika. Semakin tinggi perhatian orang tua dan motivasi belajar siswa, maka akan semakin baik pula hasil belajar siswa. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh perhatian orang tua terhadap hasil belajar matematika siswa; (2) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa; dan (3) pengaruh perhatian orang tua dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini menggunakan metode ex post facto dengan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD se Dabin II Kecamatan Tegal Barat Kota Tegal tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 178 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik Proporsional random sampling dan diperoleh sampel sebanyak 123 siswa. Variabel penelitian ini adalah perhatian orang tua dan motivasi belajar sebagai variabel bebas dan hasil belajar matematika sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara tidak terstruktur, angket, dan dokumentasi. Penghitungan pengujian hipotesis menggunakan program SPSS versi 22. Uji prasyarat yang digunakan meliputi uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinieritas, dan uji heteroskedastisitas. Uji analisis akhir yang digunakan yaitu analisis regresi sederhana, analisis korelasi sederhana, analisis regresi ganda, analisis korelasi berganda, analisis determinasi (R), dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh yang signifikan perhatian orang tua terhadap hasil belajar matematika yang ditunjukkan dengan nilai thitung > ttabel (4,188 > 1,980) dengan besar pengaruh 12,7% ; (2) ada pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika yang ditunjukkan dengan nilai thitung > ttabel (4,297 > 1,980) dengan besar pengaruh 13,2%; (3) ada pengaruh yang signifikan perhatian orang tua dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung > Ftabel (11,516 > 3,072) dengan besar pengaruh 16,1%. Dapat disimpulkan bahwa perlunya peningkatan perhatian orang tua dan motivasi belajar siswa sehingga dapat meningkatkan hasil belajar matematika yang optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar matematika, perhatian orang tua, motivasi belajar.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 23 Jan 2020 20:15
Last Modified: 23 Jan 2020 20:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34760

Actions (login required)

View Item View Item