KEEFEKTIFAN BAHAN AJAR LEAFLET MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP KETERAMPILAN MENYAJIKAN RINGKASAN TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS V SDN GUGUS PERKUTUT TUNTANG


Monika Rosa Theana , 1401415408 (2019) KEEFEKTIFAN BAHAN AJAR LEAFLET MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP KETERAMPILAN MENYAJIKAN RINGKASAN TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS V SDN GUGUS PERKUTUT TUNTANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN BAHAN AJAR LEAFLET MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP KETERAMPILAN MENYAJIKAN RINGKASAN TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS V SDN GUGUS PERKUTUT TUNTANG]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN BAHAN AJAR LEAFLET MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP KETERAMPILAN MENYAJIKAN RINGKASAN TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS V SDN GUGUS PERKUTUT TUNTANG) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam aspek keterampilan menulis yang disebabkan oleh keterbatasan bahan ajar yang digunakan dalam proses pembelajaran dan penggunaan model pembelajaran aktif hanya disaat tertentu. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk. menguji keefektifan bahan ajar leaflet dengan menggunakan model cooperative script terhadap keterampilan menyajikan ringkasan teks eksplanasi dan mendeskripsikan aktivitas siswa dalam pembelajaran menyajikan ringkasan teks eksplanasi menggunakan bahan ajar leaflet dengan model cooperative script. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group design. Penelitian ini dengan cara menerapkan treatment tertentu pada satu kelompok (kelompok eksperimen) dan tidak menerapkannya pada kelompok yang lain (kelompok kontrol), lalu menentukan bagaimana dua kelompok tersebut menentukan hasil akhir. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes berupa pretest dan posttest, dan teknik non tes dengan melakukan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Intrumen penelitian yang digunakan yaitu rubrik penilaian keterampilan menyajikan ringkasan teks eksplanasi dan lembar pengamatan aktivita siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji coba instrumen, uji normalitas, homogenitas, uji hipotesis dan uji n-gain. Hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwa rubrik penilaian sebagai instrumen penelitian valid rhitung kriteria pertama 0,8331, kriteria kedua 0,7937, dan kriteria ketiga 0,7050 yang ketiganya memiliki rhitung > rtabel (0,468) dan memiliki reliabilitas yang sangat tinggi 0,92. Rata-rata nilai pretest pada kelas eksperimen yaitu 58,13 dan rata-rata nilai pretest pada kelas kontrol yaitu 60,087. Rata-rata nilai postest kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol. Rata-rata nilai postest kelas eksperimen sebesar 88,13 dan rata-rata postest kelas kontrol sebesar 79,74. Uji normalitas menggunakan uji liliefors dan uji homogenitas menggunakan uji f menunjukkan data pretest dan posttest normal dan homogen, maka selanjutnya melaukan uji hipotesis. Hasil uji-t menunjukkan nilai thitung (1,9608) > ttabel (1.6741) dapat diartikan bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan bahan ajar leaflet dengan model pembelajaran cooperative script lebih besar dibandingkan model konvensional. Nilai n-gain kelas kontrol lebih kecil dibandingkan kelas eksperimen (0,4924 < 0,6961). Keaktifan siswa pada kelas eksperimen sangat tinggi dengan rata-rata 80% dengan rata-rata aktivitas siswa pada kelas kontrol 67% Simpulan hasil penelitian yaitu bahwa bahan ajar leaflet menggunakan model cooperative script efektif terhadap keterampilan menyajikan ringkasan teks eksplanasi siswa kelas V SDN Gugus Perkutut Tuntang. Peneliti memberi saran agar guru hendaknya menyediakan bahan ajar inovatif dengan menggunakan model pembelajaran aktif dalam melakukan pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: leaflet, cooperative script, keterampilan meringkas teks eksplanasi
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 23 Jan 2020 20:12
Last Modified: 23 Jan 2020 20:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34759

Actions (login required)

View Item View Item