KEEFEKTIFAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS LITERASI MATEMATIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN GUGUS DWIJA HARAPAN MIJEN SEMARANG


Ayuning Dwi Sekar , 1401415402 (2019) KEEFEKTIFAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS LITERASI MATEMATIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN GUGUS DWIJA HARAPAN MIJEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS LITERASI MATEMATIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN GUGUS DWIJA HARAPAN MIJEN SEMARANG]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS LITERASI MATEMATIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN GUGUS DWIJA HARAPAN MIJEN SEMARANG) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi ditemukan masalah mengenai rendahnya nilai PAS matematika semester I kelas V di SDN Gugus Dwija Harapan yaitu 55,38% siswa tidak tuntas KKM. Hal ini disebabkan karena guru menerapkan model pembelajaran yang kurang melibatkan keaktifan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model CTL berbasis literasi matematis dibandingkan dengan model PBL berbasis literasi matematis dan model pembelajaran mirip dengan DI sebagai kelas kontrol terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Gugus Dwija Harapan Semarang. Jenis penelitian eksperimen yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan Nonequeivalent Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Wonolopo 01 (Kelas Eksperimen I) dan SDN Wonolopo 02 (Kelas Eksperimen II) dan SDN Jatisari (Kelas Kontrol) dengan teknik cluster random salmpling. Teknik pengumpulan data hasil belajar menggunakan tes uraian. Hasil penelitian menggunakan data nilai tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest). Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) model CTL berbasis literasi matematis (eksperimen I) lebih efektif dari kelas kontrol. Rata-rata nilai posttest kelas eksperimen I sebesar 81,44 dan rata-rata kelas kontrol 63,03. Hasil uji t menunjukkan thitung (9,67) > ttabel (1,99); (2) model Problem Based Learning berbasis literasi matematis (eksperimen II) lebih efektif dari kelas kontrol. Rata-rata nilai posttest kelas eksperimen II sebesar 77,87 dan rata-rata kelas kontrol 63,03. Hasil uji t menunjukkan thitung (7,40) > ttabel (1,998); (3) model CTL berbasis literasi matematis (eksperimen I) lebih efektif dari model PBL berbasis literasi matematis. Rata-rata nilai posttest kelas eksperimen I sebesar 81,44 dan rata-rata kelas eksperimen II sebesar 77,87. Hasil uji t menunjukkan thitung (2,14) > ttabel (1,997). Kemudian dari hasil uji N-gain diperoleh rata-rata N-gain pada kelas eksperimen I sebesar 0,78; pada kelas eksperimen II sebesar 0,74 dan pada kelas kontrol rata-rata N-gain sebesar 0,55 sehingga peningkatan hasil belajar untuk kelas eksperimen I dan eksperimen II adalah tinggi dan kelas kontrol adalah sedang. Simpulan dari penelitian ini adalah model CTL Berbasis Literasi Matematis lebih efektif daripada model PBL Berbasis Literasi Matematis maupun kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: CTL; hasil belajar matematika; keefektifan, literasi matematis; PBL
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 23 Jan 2020 19:57
Last Modified: 23 Jan 2020 19:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34756

Actions (login required)

View Item View Item