KEEFEKTIFAN MODEL COURSE REVIEW HORAY BERBANTUAN KARTU SOAL DALAM PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS V SD NEGERI PLUMBUNGAN 01 KABUPATEN TEGAL


Intan Putri Azniati , 1401415401 (2019) KEEFEKTIFAN MODEL COURSE REVIEW HORAY BERBANTUAN KARTU SOAL DALAM PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS V SD NEGERI PLUMBUNGAN 01 KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MODEL COURSE REVIEW HORAY BERBANTUAN KARTU SOAL DALAM PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS V SD NEGERI PLUMBUNGAN 01 KABUPATEN TEGAL]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL COURSE REVIEW HORAY BERBANTUAN KARTU SOAL DALAM PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS V SD NEGERI PLUMBUNGAN 01 KABUPATEN TEGAL) - Published Version
Download (882kB) | Preview

Abstract

Salah satu faktor kurang berhasilnya proses pembelajaran IPS yaitu guru kurang inovatif dalam menerapkan model dan media dalam pembelajaran. Hal tesebut menyebabkan siswa menjadi pasif dan kurang tertarik pada pelajaran IPS, sehingga berdampak pada rendahnya minat dan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, dibutuhkan inovasi dalam pembelajaran IPS, salah satunya dengan menerapkan model Course Review Horay berbantuan kartu soal. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menguji keefektifan penerapan model Course Review Horay berbantuan kartu soal terhadap minat dan hasil belajar pada pembelajaran IPS materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan siswa kelas V SD Negeri Plumbungan 01 Kabupaten Tegal. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain eksperimen yang digunakan yaitu quasi experimental dengan bentuk nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dokumentasi, angket, dan tes. Teknik analisis data penelitian ini meliputi uji prasyarat analisis yang terdiri atas uji normalitas dan uji homogenitas, serta analisis akhir berupa pengujian hipotesis yaitu uji perbedaan dan uji keefektifan. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri Plumbungan 01 tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 42 siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VA sebagai kelas kontrol dan kelas VB sebagai kelas eksperimen. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik sampel jenuh, sehingga seluruh anggota populasi terlibat dalam penelitian. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh hasil uji hipotesis perbedaan dan uji hipotesis keefektifan terhadap minat dan hasil belajar siswa. Hasil perhitungan uji hipotesis perbedaan minat belajar menggunakan Independent Samples t-test menunjukkan thitung > ttabel (4,681 > 2,021) dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, sedangkan hasil uji keefektifan terhadap minat belajar menggunakan uji One Sample t-test menunjukkan nilai thitung > ttabel (8,561 > 1,725) dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Selanjutnya, hasil perhitungan uji hipotesis perbedaan hasil belajar menggunakan Independent Samples t-test menunjukkan thitung > ttabel (3,593 > 2,021) dan nilai signifikansi 0,001 < 0,05, sedangkan hasil uji keefektifan terhadap hasil belajar menggunakan uji One Sample t-test menunjukkan nilai thitung > ttabel (5,209 > 1,725) dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Course Review Horay berbantuan kartu soal efektif ditinjau dari minat dan hasil belajar IPS materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan pada siswa kelas V.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, minat belajar, model Course Review Horay, kartu soal
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 23 Jan 2020 19:53
Last Modified: 23 Jan 2020 19:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34755

Actions (login required)

View Item View Item