KEEFEKTIFAN MODEL PBL (PROBLEM BASED LEARNING) DAN TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) BERBASIS LITERASI MATEMATIS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN GUGUS AMONGSIWI KRANGGAN TEMANGGUNG
Retno Widiarti , 1401415400 (2019) KEEFEKTIFAN MODEL PBL (PROBLEM BASED LEARNING) DAN TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) BERBASIS LITERASI MATEMATIS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN GUGUS AMONGSIWI KRANGGAN TEMANGGUNG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL PBL (PROBLEM BASED LEARNING) DAN TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) BERBASIS LITERASI MATEMATIS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN GUGUS AMONGSIWI KRANGGAN TEMANGGUNG)
- Published Version
Download (754kB) | Preview |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika sebabkan oleh beberapa faktor diantaranya yaitu kurang variatifnya guru dalam melakukan pembelajaran, media dan alat peraga yang digunakan kurang mendukung proses pembelajaran, serta kurangnya minat peserta didik untuk membaca matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model PBL berbasis literasi matematis dibandingkan dengan model TAI berbasis literasi matematis dan model STAD sebagai kelas kontrol terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas IV SDN Gugus Amongsiwi Kranggan Temanggung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dengan sampel sebanyak 86 peserta didik yang diambil menggunakan quasi-experimental dengan bentuk cluster random sampling. Teknik pengumpulan data hasil belajar dalam penelitian ini menggunakan teknik tes yang bentuknya uraian. Sampel yang digunakan adalah kelas IV SDN Klepu dengan jumlah 30 peserta didik (kelas eksperimen I), kelas IV SDN 1 Kemloko dengan jumlah 21 peserta didik (kelas eksperimen II), dan kelas IV SDN 1 Gentan dengan jumlah 35 peserta didik (kelas kontrol). Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) model PBL berbasis literasi matematis (eksperimen I) lebih efektif dari kelas kontrol. Rata-rata nilai posttest kelas eksperimen I sebesar 84,3 dan rata-rata kelas kontrol 69,3. Hasil uji t menunjukkan thitung (76,37) > ttabel (1,998); (2) model TAI berbasis literasi matematis (eksperimen II) lebih efektif dari kelas kontrol. Rata-rata nilai posttest kelas eksperimen II sebesar 79,85 dan rata-rata kelas kontrol 69,3. Hasil uji t menunjukkan thitung (4,579) > ttabel (2,004); (3) model PBL berbasis literasi matematis (eksperimen I) lebih efektif dari model TAI berbasis literasi matematis. Rata-rata nilai posttest kelas eksperimen I sebesar 84,3 dan rata-rata kelas eksperimen II sebesar 79,85. Hasil uji t menunjukkan thitung (2,2401) > ttabel (2,009). Kemudian dari hasil uji N-gain diperoleh rata-rata N-gain pada kelas eksperimen I sebesar 0,71 dengan kategori tinggi; pada kelas eksperimen 2 sebesar 0,64 dengan kategori sedang dan pada kelas kontrol rata-rata N-gain sebesar 0,34 dengan kategori sedang. Simpulan dalam penelitian ini yaitu model PBL berbasis literasi matematis lebih efektif dibandingkan dengan model TAI berbasis literasi matematis maupun kelas kontrol.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Literasi Matematis, Matematika, PBL, TAI. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 23 Jan 2020 19:50 |
Last Modified: | 23 Jan 2020 19:50 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34754 |
Actions (login required)
View Item |