KEEFEKTIFAN MODEL GROUP INVESTIGATION DAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS LITERASI MATEMATIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD GUGUS KENANGA PEJAGOAN KEBUMEN
Siti Maemunah , 1401415399 (2019) KEEFEKTIFAN MODEL GROUP INVESTIGATION DAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS LITERASI MATEMATIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD GUGUS KENANGA PEJAGOAN KEBUMEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL GROUP INVESTIGATION DAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS LITERASI MATEMATIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD GUGUS KENANGA PEJAGOAN KEBUMEN)
- Published Version
Download (885kB) | Preview |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika yang disebabkan oleh beberapa faktor yaitu penggunaan model pembelajaran yang kurang bervariasi, rendahnya pemahaman siswa pada bacaan dan soal cerita, dan penggunaan media pembelajaran yang kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model GI berbasis literasi matematis dibandingkan dengan model PBL berbasis literasi matematis dan STAD sebagai kelas kontrol terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN Gugus Kenanga Pejagoan Kebumen. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi-eksperimental design dengan bentuk nonequivalent control group design. Populasi penelitian adalah 120 siswa kelas IV SDN Gugus Kenanga Pejagoan Kebumen. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Teknik pengumpulan data hasil belajar menggunakan teknik tes subjektif. Sampel yang digunakan adalah kelas IV b SDN 1 Pejagoan dengan jumlah 20 siswa sebagai kelas eksperimen I, kelasIV b SDN 2 Pejagoan dengan jumlah 20 siswa sebagai kelas eksperimen II dan kelas IV SDN 4 Pejagoan dengan jumlah 21 siswa sebagai kelas kontrol Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Hasil uji Z kelas eksperimen I diperoleh Zhitung 2,581 > Ztabel 1,64 dan kelas kontrol Zhitung -0,881 < Ztabel 1,64 artinya ketuntasan hasil belajar kelas eksperimen I lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Hasil uji t menunjukkan thitung 4,933 > ttabel 1,68 artinya rata-rata hasil belajar kelas eksperimen I lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Uji N-Gain kelas eksperimen I sebesar 0,78 kriteria tinggi, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,63 kriteria sedang. (2) Hasil uji Z kelas eksperimen II diperoleh Zhitung 2,065 > Ztabel 1,64 dan kelas kontrol Zhitung -0,881 artinya ketuntasan hasil belajar kelas eksperimen II lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Uji t menunjukkan bahwa thitung 2,479 > ttabel 1,68 artinya rata-rata hasil belajar kelas eksperimen II lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Uji N-Gain kelas eksperimen II sebesar 0,69 kriteria sedang, kelas kontrol sebesar 0,63 kriteria sedang. (3)Uji Z kelas eksperimen I diperoleh Zhitung 2,581 > Ztabel 1,64 kelas eksperimen II diperoleh Zhitung 2,065 > Ztabel 1,64 artinya kelas eksperimen I lebih tinggi dari pada kelas eksperimen II. Uji t menunjukkan bahwa thitung 2,375 > ttabel 1,68 artinya rata-rata hasil belajar kelas eksperimen I lebih tinggi dari kelas eksperimen II. Uji N-Gain kelas eksperimen I sebesar 0,78 kriteria tinggi dan kelas eksperimen II sebesar 0,69 kriteria sedang. Simpulan dari hasil penelitian adalah model GI berbasis literasi matematis lebih efektif dibandingkan model PBL berbasis literasi matematis maupun kelas kontrol
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | GI, Hasil Belajar, literasi matematis, Matematika, PBL. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 23 Jan 2020 19:46 |
Last Modified: | 23 Jan 2020 19:46 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34753 |
Actions (login required)
View Item |