KEEFEKTIFAN RME DAN PBL BERBASIS LITERASI MATEMATIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN GUGUS SRIKANDI KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG
Hanik Nurani , 1401415398 (2019) KEEFEKTIFAN RME DAN PBL BERBASIS LITERASI MATEMATIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN GUGUS SRIKANDI KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (KEEFEKTIFAN RME DAN PBL BERBASIS LITERASI MATEMATIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN GUGUS SRIKANDI KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan hasil observasi dan dokumentasi ditemukan masalah mengenai rendahnya nilai UAS matematika semester I kelas IV di SDN Gugus Srikandi yaitu 63% dari 190 siswa tidak tuntas KKM. Hal ini disebabkan karena penerapan model pembelajaran yang kurang mengaitkan matematika dengan kehidupan sehari-hari sehingga siswa kurang memahami ketika diberikan soal tentang pemecahan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model RME berbasis literasi matematis dibandingkan dengan model PBL berbasis literasi matematis dan Direct Instruction sebagai kelas kontrol terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Gugus Srikandi Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Jenis penelitian eksperimen yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan Nonequeivalent Control Group Design. Subjek penelitian terdiri dari 190 siswa dengan sampel yang terdiri dari 95 siswa, 36 siswa kelas IV SDN Kandri 01 (Kelas Eksperimen I), 30 siswa kelas IV SDN Pongangan (Kelas Eksperimen II) dan 29 siswa kelas IV SDN Gunungpati 02 (Kelas Kontrol). Variabel terikat pada penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa kelas IV. Variabel bebasnya adalah model RME berbasis literasi matematis, model PBL berbasis literasi matematis dan model Direct Instruction. Teknik pengumpulan data hasil belajar menggunakan tes uraian. Hasil penelitian dianalisis menggunakan data nilai tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest). Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) model RME berbasis literasi matematis (eksperimen I) lebih efektif dari kelas kontrol. Rata-rata nilai posttest kelas eksperimen I sebesar 88,32 dan rata-rata kelas kontrol 74,33. Hasil uji t menunjukkan thitung (10,81) > ttabel (1,99); (2) model PBL berbasis literasi matematis (eksperimen II) lebih efektif dari kelas kontrol. Rata-rata nilai posttest kelas eksperimen II sebesar 82,03 dan rata-rata kelas kontrol 74,33. Hasil uji t menunjukkan thitung (6,30) > ttabel (1,99); (3) RME berbasis literasi matematis (eksperimen I) lebih efektif dari model PBL berbasis literasi matematis. Rata-rata nilai posttest kelas eksperimen I sebesar 88,32 dan rata-rata kelas eksperimen II sebesar 82.03. Hasil uji t menunjukkan thitung (5,37) > ttabel (1,99). Kemudian dari hasil uji N-gain diperoleh rata-rata N-gain pada kelas eksperimen I sebesar 0,74 kategori tinggi; pada kelas eksperimen 2 sebesar 0,62 kategori sedang dan pada kelas kontrol rata-rata N-gain sebesar 0,40 kategori sedang. Simpulan dari penelitian ini adalah model RME berbasis literasi matematis lebih efektif daripada model PBL berbasis literasi matematis maupun model Direct Instruction
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar Matematika, Literasi Matematis, PBL, RME |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 23 Jan 2020 19:41 |
Last Modified: | 23 Jan 2020 19:41 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34752 |
Actions (login required)
View Item |