PENGARUH MINAT DAN KREATIVITAS SISWA KELAS IV TERHADAP HASIL BELAJAR SENI RUPA SD NEGERI SE-DABIN II KECAMATAN TEGAL SELATAN KOTA TEGAL


Arien Herawati , 1401415396 (2019) PENGARUH MINAT DAN KREATIVITAS SISWA KELAS IV TERHADAP HASIL BELAJAR SENI RUPA SD NEGERI SE-DABIN II KECAMATAN TEGAL SELATAN KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH MINAT DAN KREATIVITAS SISWA KELAS IV TERHADAP HASIL BELAJAR SENI RUPA SD NEGERI SE-DABIN II KECAMATAN TEGAL SELATAN KOTA TEGAL]
Preview
PDF (PENGARUH MINAT DAN KREATIVITAS SISWA KELAS IV TERHADAP HASIL BELAJAR SENI RUPA SD NEGERI SE-DABIN II KECAMATAN TEGAL SELATAN KOTA TEGAL) - Published Version
Download (832kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat dan kreativitas terhadap hasil belajar seni rupa siswa kelas IV SD Negeri se-Dabin II Kecamatan Tegal Selatan Kota Tegal. Jenis penelitian yang digunakan adalah ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kels IV SD Negeri se-Dabin II Kecamatan Tegal Selatan Kota Tegal yang berjumlah 215 siswa dengan sampel 144 siswa. Teknik sampel yang digunakan adalah probability sampling dengan jenis simple random sampling. Analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat analisis yang terdiri dari uji normalitas, uji linearitas, uji multikoliniearitas, dan uji heteroskedastisitas, serta uji analisis akhir yang terdiri dari uji korelasi sederhana, uji koefisien determinan, dan uji koefisien regresi secara bersama-sama (Uji F). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh positif dan signifikan antara minat belajar terhadap hasil belajar yang ditunjukkan dengan nilai thitung > ttabel (15,674 > 1,977); (2) ada pengaruh positif dan signifikan antara kreativitas terhadap hasil belajar yang ditunjukkan dengan nilai thitung > ttabel (12,276 > 1,977); (3) ada pengaruh positif dan signifikan antara minat belajar dan kreativitas terhadap hasil belajar yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung > Ftabel (201,629 > 3,060); (4) besarnya pengaruh minat terhadap hasil belajar 63,4%; (5) besarnya pengaruh kreativitas terhadap hasil belajar 51,5 %; dan (6) besarnya pengaruh minat belajar dan kreativitas terhadap hasil belajar 74,1%. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan,peneliti memberikan saran bagi siswa untuk meningkatkan hasil belajar seni rupa dengan lebih bersemangat dalam belajar, bagi guru agar memacu minat dan kreativitas belajar siswa dengan mencontohkan sikap positif dalam proses pembelajaran, bagi sekolah dengan meningkatkan kerjasama antar guru agar tercipta suasana yang kondusif dalam proses pembelajaran sehingga hasil belajar siswa lebih maksimal, dan bagi peneliti lanjutan diharapkan penelitian ini dapat menjadi acuan dan menyempurnakan penelitian ini dengan meneliti lebih dalam lagi sehingga dapat memberikan manfaat bagi pembaca.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, kreativitas, minat belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 23 Jan 2020 19:33
Last Modified: 23 Jan 2020 19:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34751

Actions (login required)

View Item View Item