PENGEMBANGAN MEDIA MAGIC BOX MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA DAN SIFATNYA KELAS V SDN 3 KUNDURAN BLORA


Dania Nurul Tsanidya , 1401415391 (2019) PENGEMBANGAN MEDIA MAGIC BOX MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA DAN SIFATNYA KELAS V SDN 3 KUNDURAN BLORA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA MAGIC BOX MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA DAN SIFATNYA KELAS V SDN 3 KUNDURAN BLORA]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA MAGIC BOX MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA DAN SIFATNYA KELAS V SDN 3 KUNDURAN BLORA) - Published Version
Download (700kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena kurang ketersediaannya media ajar, siswa hanya menggunakan gambar dua dimensi sebagai penunjan pembelajaran, belum optimalnya penggunaan media dalam pembelajaran, siswa kesulitan memahami mata pelajaran IPA, dan terdapat beberapa siswa yang memiliki nilai IPA dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini di antaranya (1) Bagaimana pengembangan media IPA magic box materi perubahan wujud benda dan sifatnya kelas V SDN 3 Knduran Blora? (2) Bagaimana kelayakan media IPA magic box materi perubahan wujud benda dan sifatnya kelas V SDN 3 Knduran Blora? (3) Bagaimana keefektifan media IPA magic box materi perubahan wujud benda dan sifatnya kelas V SDN 3 Knduran Blora?. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran, mengetahui kelayakan, dan keefektifan media IPA magic box terhadap hasil belajar siswa pada materi perubahan wujud benda dan sifatnya di kelas V SDN 3 Knduran Blora. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah kelas V SDN 3 Kunduran Blora yang berjumlah 35 siswa. Jenis penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) menurut Sugiyono. Penentuan tingkat kelayakan media pembelajaran IPA magic box berdasarkan uji validasi para ahli dan uji coba produk kemudian diterapkan pada uji coba pemakaian. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket, data dokumentasi, observasi dan tes. Teknik analisis data menggunkan teknik analisis data kuantitatif meliputi analisis data produk, analisis data awal dengan uji normalitas, serta analisis data akhir dengan uji gain dan t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase dari ahli materi sebesar 83,3% (sangat layak) dan persentase dari ahli media adalah 93,3% (sangat layak). Hasil belajar IPA mengalami peningkatan yang dibuktikkan pada hasil rata-rata posttest sebesar 87,5, dibandingkan rata-rata pretest yaitu 69,1 dengan perolehan N-Gain= 0,59 dalam kriteria sedang, dan uji t sebesar o,662. Simpulannya media pembelajaran magic box layak untuk digunakan dan efektif meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 3 Kunduran Blora. Saran terhadap penelitian ini agar dikembangkannya media magic box pada materi pelajaran lain agar mutu pembelajaran dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media, IPA, magic box
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 23 Jan 2020 19:23
Last Modified: 23 Jan 2020 19:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34748

Actions (login required)

View Item View Item