PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA BERBASIS ANDROID MATERI GAYA DAN GERAK KELAS IV SDN KEMBANGARUM 02 SEMARANG


Yogi Aprelliyanto , 1401415389 (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA BERBASIS ANDROID MATERI GAYA DAN GERAK KELAS IV SDN KEMBANGARUM 02 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA BERBASIS ANDROID MATERI GAYA DAN GERAK KELAS IV SDN KEMBANGARUM 02 SEMARANG]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA BERBASIS ANDROID MATERI GAYA DAN GERAK KELAS IV SDN KEMBANGARUM 02 SEMARANG) - Published Version
Download (736kB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran di kelas IV SD N Kembangarum 02 Semarang masih memiiki kekurangan yaitu belum menggunakan bahan ajar mengakibatkan guru kesulitan dalam menerangkan pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar, mengkaji kelayak, dan mengkaji keefektifan bahan ajar IPA berbasis Android materi gaya dan gerak kelas IV SD N Kembangarum 02 Semarang. Jenis penelitian ini Research and Development (R&D) Sugiyono yang terdiri dari tahap potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Kembangarum 02 Semarang sebanyak 36 siswa dimana 9 siswa untuk uji coba skala kecil dipilih menggunakan purposive sampling dan 27 siswa untuk uji coba skala bersar. Teknik Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, angket, dan tes. Teknik analisis data menggunakan kelayakan produk, analisis data awal dan akhir (uji t dan uji N-gain). Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar IPA yang dikembangkan memuat materi dan kegiatan yang menanamkan pemahaman konsep pada materi gaya dan gerak. Bahan ajar IPA layak digunakan terbukti dari penilaian ahli materi, ahli media, dan praktisi didapatkan presentase 80%, 83%, dan 94%. Bahan ajar IPA berbasis Android efektif digunakan sesuai dengan hasil uji t menunjukkan t hitung > t tabel (6.9120 >2,056), maka Ho ditolak dan uji gain pretest dan posttest diperoleh sebesar 0,30631 dengan kriteria sedang mendukung keefektifan bahan ajar. Hasil presentase angket tanggapan guru dan siswa menunjukkan kategori sangat positif membuat bahan ajar efektif dalam penggunanya. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahan ajar IPA berbasis Android materi gaya dan gerak kelas IV SDN Kembangarum 02 Semarang yang dikembangkan memuat penanaman nilai Android, bahan ajar sangat layak digunakan dalam pembelajaran IPA dan efektif meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: bahan ajar, IPA, Android.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 23 Jan 2020 19:21
Last Modified: 23 Jan 2020 19:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34747

Actions (login required)

View Item View Item