PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI TARI KREASI DAERAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN TAMBAKAJI 02 SEMARANG


Ade Maretyaningrum , 1401415381 (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI TARI KREASI DAERAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN TAMBAKAJI 02 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI TARI KREASI DAERAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN TAMBAKAJI 02 SEMARANG]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI TARI KREASI DAERAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN TAMBAKAJI 02 SEMARANG) - Published Version
Download (765kB) | Preview

Abstract

Video animasi tari kreasi daerah bermanfaat untuk memudahkan siswa memahami materi serta gerakan tari kreasi dearah. Media pembelajaran video animasi belum banyak digunakan di SD yang mengakibatkan hasil belajar siswa rendah dan belum sesuai KKM. Berdasarkan latar belakang tersebut rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah desain pengembangan, kelayakan, hasil belajar siswa kelas IV SDN Tambakaji 02 Semarang. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan desain pengembangan, mengetahui kelayakan, mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan video animasi tari kreasi daerah . Jenis penelitian ini Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Sugiyono (2010:407). Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Tambakaji 02 Semarang sebanyak 38 siswa, 9 siswa untuk ujicoba produk dan 29 siswa untuk ujicoba pemakaian. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji t dan uji gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) desain pengembangan video animasi tari kreasi daerah dikembangkan berdasarkan kebutuhan guru dan kebutuhan siswa yang menunjukkan bahwa guru dan siswa menghendaki adanya media untuk pelajaran seni tari materi tari kreasi daerah; 2) video animasi tari kreasi daerah layak digunakan berdasarkan validasi ahli media 92,5%(sangat layak) dan ahli materi 70%(layak); 3) hasil belajar siswa kelas IV SDN Tambakaji 02 Semarang meningkat dengan menggunakan video animasi tari kreasi daerah yaitu sebesar 0,707 dengan kriteria tinggi.. Simpulan penelitian menunjukkan hasil pengembangan desain video animasi tari kreasi daerah layak digunakan dalam pembelajaran, serta layak digunakan dan meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Tambakaji 02 Semarang. Saran pada penelitian adalah guru dan sekolah dapat mengembangkan media pembelajaran khususnya di bidang seni tari yang lebih inovatif bagi siswa agar lebih kreatif untuk meningkatkan mutu sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media, video, animasi, tari kreasi, daerah.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 23 Jan 2020 19:03
Last Modified: 23 Jan 2020 19:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34742

Actions (login required)

View Item View Item