KEEFEKTIFAN MODEL SAVI BERBANTUAN MEDIA MONOPOLI TERHADAP HASIL BELAJAR SENI RUPA SISWA KELAS V SDN GUGUS DWIJA KRIDA MIJEN SEMARANG


Nabila Bunga Ratu Piara Dicinta , 1401415377 (2019) KEEFEKTIFAN MODEL SAVI BERBANTUAN MEDIA MONOPOLI TERHADAP HASIL BELAJAR SENI RUPA SISWA KELAS V SDN GUGUS DWIJA KRIDA MIJEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MODEL SAVI BERBANTUAN MEDIA MONOPOLI TERHADAP HASIL BELAJAR SENI RUPA SISWA KELAS V SDN GUGUS DWIJA KRIDA MIJEN SEMARANG]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL SAVI BERBANTUAN MEDIA MONOPOLI TERHADAP HASIL BELAJAR SENI RUPA SISWA KELAS V SDN GUGUS DWIJA KRIDA MIJEN SEMARANG) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Seni Rupa pada siswa kelas V SDN Gugus Dwija Krida belum menerapkan model pembelajaran yang melibatkan seluruh alat indra yang dimiliki siswa serta belum menerapkan permainan sebagai media pembelajaran interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) ketuntasan hasil belajar siswa; (2) keefektifan model SAVI berbantuan media Monopoli pada siswa kelas V SDN Gugus Dwija Krida. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experimental atau eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group design. Sampel yang digunakan kelas V SDN Tambangan 01 sebagai kelas eksperimen dan SDN Karangmalang sebagai kelas kontrol dengan jumlah sampel 75 siswa, teknik sampel yang digunakan cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes yang meliputi wawancara, observasi, dokumentasi. Tes hasil belajar yang digunakan berupa pretest dan posttest dengan bentuk pilihan ganda dan rubrik unjuk kerja. Teknik Analisis data yang digunakan dalam mengolah data yaitu uji prasyarat yang meliputi uji normalitas dan uji homogenitas, dan analisis data akhir. Pada analisis data akhir atau pengkajian hipotesis penelitian yang digunakan adalah uji-z, uji-t, dan n-gain. Hasil penelitian yaitu (1) hasil belajar seni rupa dapat mencapai ketuntasan secara klasikal, ditunjukkan uji-z ranah kognitif dengan nilai zhitung > ztabel (1,686 > 1,645) dan ranah psikomotor zhitung > ztabel (2,06 > 1,645). (2) selanjutnya uji-t ranah kognitif menunjukkan thitung > ttabel (2,733 > 1,994) dan ranah psikomotor thitung > ttabel (3,863 > 1,994), artinya hasil belajar kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol. Hal ini didukung oleh hasil uji N-Gain ranah kognitif yang menunjukkan peningkatan kelas eksperimen yaitu 0,561 (kriteria sedang), sedangkan kelas kontrol 0,448 (kriteria sedang) dan pada ranah psikomotor pada kelas eksperimen diperoleh 0,535 (kriteria sedang), sedangkan di kelas kontrol diperoleh 0,355 (kriteria sedang). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, model Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually (SAVI) berbantuan media Monopoli efektif diterapkan dalam pembelajaran Seni Rupa materi Seni Rupa Daerah pada kelas V SDN Gugus Dwija Krida Mijen Kecamatan Mijen dibandingkan pembelajaran di kelas kontrol. Saran dalam penelitian yaitu, hendaknya model SAVI berbantuan media Monopoli dapat diterapkan dalam pembelajaran agar guru dapat memaksimalkan perannya sebagai fasilitator dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar; Seni Rupa; keefektifan; model SAVI; media monopoli.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 23 Jan 2020 18:57
Last Modified: 23 Jan 2020 18:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34741

Actions (login required)

View Item View Item