HUBUNGAN KETERAMPILAN VARIASI MENGAJAR GURU DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SENI TARI SISWA SDN GUGUS GAJAHMADA SEMARANG


Kholif Lailin Nisfah , 1401415376 (2019) HUBUNGAN KETERAMPILAN VARIASI MENGAJAR GURU DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SENI TARI SISWA SDN GUGUS GAJAHMADA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN KETERAMPILAN VARIASI MENGAJAR GURU DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SENI TARI SISWA SDN GUGUS GAJAHMADA SEMARANG]
Preview
PDF (HUBUNGAN KETERAMPILAN VARIASI MENGAJAR GURU DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SENI TARI SISWA SDN GUGUS GAJAHMADA SEMARANG) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar merupakan pencapaian tujuan pendidikan pada siswa yang mengikuti proses belajar mengajar. Variasi mengajar guru yang sebagian belum optimal dan keaktifan belajar siswa yang berbeda-beda menyebabkan hasil belajar seni tari siswa beragam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara: 1) keterampilan variasi mengajar guru terhadap hasil belajar seni tari; 2) keaktifan belajar siswa terhadap hasil belajar seni tari; dan 3) keterampilan variasi mengajar guru dan keaktifan belajar siswa terhadap haisl belajar snei tari. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian korelasi. Teknik sampel yang digunakan adalah cluster random sampling dengan sampel sebanyak 119 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan uji hipotesis menggunakan uji korelasi sederhana serta uji korelasi ganda, yang sebelumnya dilakukan uji persyaratan analisis meliputi uji normalitas, uji linearitas, dan uji multikolinearitas. Hasil penelitian menunjukkan: (1)ada hubungan yang positif dan signifikan keterampilan variasi mengajar guru terhadap hasil belajar seni tari siswa nilai rhitung=0,634 dan termasuk kategori kuat serta berkontribusi sebesar 40,2% sisanya 59,8% dipengaruhi oleh fakor lain. (2)ada hubungan yang positif dan signifikan antara keaktifan belajar siswa terhadap hasil belajar seni tari siswa nilai rhitung =0,592 yang termasuk dalam kategori sedang. Besar kontribusi 35% sisanya 65% dipengaruhi oleh faktor lain. (3)ada hubungan yang positif dan signifikan keterampilan variasi mengajar guru dan keaktifan belajar siswa secara bersama-sama terhadap hasil belajar seni tari siswa nilai rhitung =0,689 yang termasuk dalam kategori kuat serta berkontribusi sebesar 47,4% sisanya 52,6% dipengaruhi oleh faktor lain. Simpulan penelitian menunjukkan ada hubungan yang positif dan signifikan antara keterampilan variasi mengajar guru terhadap hasil belajar seni tari, keaktifan belajar siswa terhadap hasil belajar seni tari, keterampilan variasi mengajar guru dan keaktifan belajar siswa terhadap hasil belajar seni tari. Saran peneli yaitu guru lebih meningkatkan keterampilan variasi mengajar, meningkatkan dan membina keaktifan belajar siswa untuk meningkatkan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: variasi mengajar, keaktifan belajar siswa, hasil belajar seni tari
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 23 Jan 2020 18:53
Last Modified: 23 Jan 2020 18:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34740

Actions (login required)

View Item View Item