PENGARUH PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DAN MINAT BELAJARTERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD DABIN I KECAMATAN TEGAL BARAT KOTA TEGAL


Ines Puspita Sari , 1401415375 (2019) PENGARUH PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DAN MINAT BELAJARTERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD DABIN I KECAMATAN TEGAL BARAT KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DAN MINAT BELAJARTERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD DABIN I KECAMATAN TEGAL BARAT KOTA TEGAL]
Preview
PDF (PENGARUH PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DAN MINAT BELAJARTERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD DABIN I KECAMATAN TEGAL BARAT KOTA TEGAL) - Published Version
Download (830kB) | Preview

Abstract

Tingkat keberhasilan dalam kegiatan pembelajaran bisa dilihat melalui hasil belajar yang diperoleh siswa. Terdapat dua faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yang berasal dari dalam diri siswa salah satunya adalah minat belajar. Faktor eksternal yang berasal dari diri luar siswa salah satunya adalah sumber belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan sumber belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V Sekolah Dasar Dabin I Kecamatan Tegal Barat Kota Tegal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Dabin I Kecamatan Tegal Barat Kota Tegal, sebanyak 227 siswa. Sampel penelitian sebanyak 143 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan probality sampling dengan jenis propotionated stratified random sampling dengan menggunakan metode penelitian ex post facto dan jenis penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi untuk hasil belajar IPS dan angket tertutup dengan skala Likert 4 untuk pemanfaatan sumber belajar dan minat belajar. Data ini telah di uji prasyarat analisis dan selanjutnya dianalisis dengan menggunakan regresi linier sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan pemanfaatan sumber belajar terhadap hasil belajar IPS siswa dengan hasil penelitian diperoleh thitung ≥ ttabel (6,715 ≥ 1,977) dan korelasi keduanya sebesar 0,492. Besar sumbangan pemanfaatan sumber belajar terhadap hasil belajar IPS siswa sebesar 24,2%; (2) terdapat pengaruh yang signifikan minat belajar terhadap hasil belajar IPS siswa dengan hasil penelitian diperoleh thitung≥ ttabel (16,260 ≥ 1,977) dan korelasi keduanya sebesar 0,808. Besar sumbangsih minat belajar terhadap hasil belajar IPS siswa sebesar 65,2%; (3) terdapat pengaruh yang signifikan pemanfaatan sumber belajar dan minat belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar IPS siswa dengan hasil penelitian diperoleh Fhitung> Ftabel(137,100 > 3,061) dan korelasi ganda dalam kategori sangat kuat dengan nilai sebesar 0,814. Besar sumbangan pemanfaatan sumber belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar IPS siswa sebesar 66,2%. Saran peneliti adalah guru hendaknya bisa memanfaatkan sumber belajar dengan baik, salah satunya adalah sumber belajar yang berupa kegiatan agar siswa lebih peka terhadap lingkungan sekitarnya serta menjadikan kegiatan pembelajaran lebih bermakna dan tidak membosankan sehingga dapat meningkatkan ketertarikan siswa yang akan meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar IPS, minat belajar, pemanfaatan sumber belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 23 Jan 2020 18:50
Last Modified: 23 Jan 2020 18:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34739

Actions (login required)

View Item View Item