HUBUNGAN ANTARA MINAT DAN KECERDASAN KINESTETIK TERHADAP KETERAMPILAN MENARI KELAS V SDN GUGUS KARTINI KECAMATAN MANDIRAJA KABUPATEN BANJARNEGARA


Aulia Apriliani Haningtyas , 1401415374 (2019) HUBUNGAN ANTARA MINAT DAN KECERDASAN KINESTETIK TERHADAP KETERAMPILAN MENARI KELAS V SDN GUGUS KARTINI KECAMATAN MANDIRAJA KABUPATEN BANJARNEGARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN ANTARA MINAT DAN KECERDASAN KINESTETIK TERHADAP KETERAMPILAN MENARI KELAS V SDN GUGUS KARTINI KECAMATAN MANDIRAJA KABUPATEN BANJARNEGARA]
Preview
PDF (HUBUNGAN ANTARA MINAT DAN KECERDASAN KINESTETIK TERHADAP KETERAMPILAN MENARI KELAS V SDN GUGUS KARTINI KECAMATAN MANDIRAJA KABUPATEN BANJARNEGARA) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Hasil wawancara dengan guru kelas V SDN Gugus Kartini Kecamatan Mandiraja menyatakan bahwa pembelajaran seni tari kurang diminati siswa. Kecerdasan kinestetik khususnya bidang keterampilan menari juga dikatakan masih rendah dan ada beberapa siswa yang hasil belajar seni tarinya belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara minat terhadap keterampilan menari, hubungan antara kecerdasan kinestetik terhadap keterampilan menari, dan hubungan antara minat dan kecerdasan kinestetik secara bersama-sama terhadap keterampilan menari kelas V SDN Gugus Kartini Kecamatan Mandiraja Kabupaten Banjarnegara. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi penelitian yaitu siswa kelas V SDN Gugus Kartini Kecamatan Mandiraja Kabupaten Banjarnegara yang berjumlah 92 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik pengambilan sampel cluster random sampling dengan jumlah 72 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, dokumentasi dan wawancara. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji linieritas dan uji multikolinieritas. Uji hipotesis meliputi analisis korelasi sederhana, analisis korelasi ganda, regresi linier sederhana, regresi linier ganda dan koefisien determinan. Hasil analisis hubungan antara minat terhadap keterampilan menari menunjukkan nilai korelasi sebesar 0,655 dengan nilai signifikansi 0,000, yang berarti memiliki hubungan yang kuat dan signifikan. Hubungan kecerdasan kinestetik terhadap keterampilan menari sebesar 0,514 dengan nilai signifikansi 0,000, yang berarti memiliki hubungan yang sedang dan signifikan. Sedangkan hasil analisis hubungan antara minat dan kecerdasan kinestetik terhadap keterampilan menari menunjukkan nilai korelasi sebesar 0,664 dengan nilai signifikansi 0,000, yang berarti memiliki hubungan yang kuat dan signifikan. Simpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan yang signifikan antara minat terhadap keterampilan menari, kecerdasan kinestetik terhadap keterampilan menari, serta minat dan kecerdasan kinestetik secara bersama-sama terhadap keterampilan menari siswa kelas V SDN Gugus Kartini Kecamatan Mandiraja Kabupaten Banjarnegara. Saran dari hasil penelitian ini adalah siswa dapat meningkatkan minat dan kecerdasan kinestetik untuk meningkatkan keterampilan menari, orangtua dan guru bersama-sama memberi dukungan kepada siswa untuk meningkatkan minat, kecerdasan kinestetik, dan keterampilan menari. Sedangkan untuk peneliti, diharapkan untuk mendalami materi sehingga hasil penelitian lebih akurat dan mendalam.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: minat, kecerdasan kinestetik, keterampilan menari.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 23 Jan 2020 18:46
Last Modified: 23 Jan 2020 18:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34738

Actions (login required)

View Item View Item