PENGEMBANGAN MEDIA KOKUYA (KOMIK SUKU DAN BUDAYA) MUATAN PEMBELAJARAN PPKn KELAS IV SDN PETUNG 02 KECAMATAN PAKIS KABUPATEN MAGELANG


Balla Ardika , 1401415366 (2019) PENGEMBANGAN MEDIA KOKUYA (KOMIK SUKU DAN BUDAYA) MUATAN PEMBELAJARAN PPKn KELAS IV SDN PETUNG 02 KECAMATAN PAKIS KABUPATEN MAGELANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA KOKUYA (KOMIK SUKU DAN BUDAYA) MUATAN PEMBELAJARAN PPKn KELAS IV SDN PETUNG 02 KECAMATAN PAKIS KABUPATEN MAGELANG]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA KOKUYA (KOMIK SUKU DAN BUDAYA) MUATAN PEMBELAJARAN PPKn KELAS IV SDN PETUNG 02 KECAMATAN PAKIS KABUPATEN MAGELANG) - Published Version
Download (668kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berangkat dari adanya permaslahan mengenai minat dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PPKn yang kurang maksimal. Berdasarkan penelitian awal diperoleh hasil bahwa penggunaan model pembelajaran yang bervariatif masih belum maksimal diterapkan dan guru masih cenderung menggunakan metode konvensional pada setiap pembelajaran yang dilakukannya. Penggunaan media pada saat pembelajaran PPKn biasanya hanya menggunakan gambar saja. Hal ini dikarenakan media untuk mata pelajaran PPKn jumlahnya masih sangat terbatas. Penelitian ini dilakukan untuk menguji kelayakan dan keefektifan media pembelajaran. Media kokuya merupakan media pembelajaran untuk muatan PPKn materi suku dan budaya di Indonesia. Berdasarkan latar belakang masalah, peneliti membatasi masalah pada pengembangan media komik untuk mengajarkan muatan mata pelajaran PPKn pada materi keragaman suku dan budaya yang ada di Indonesia. Sehingga tujuan penelitian ini adalah mengembangkan desain dan komponen media pembelajaran, menguji kelayakan dan keefektifan media pembelajaran komik suku dan budaya dalam muatan PPKn suku dan budaya di Indonesia kelas IV SDN Petung 02 Kecamatan Pakis Kabupaten Magelang. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) yaitu metode penelitian yang digunakan untuk mengembangkan atau memvalidasi produkproduk yang digunakan dalam pendidikan dan pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah kelas IV SDN Petung 2 Kecamatan Pakis Kabupaten Magelang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data akhir menggunakan uji-t dan n-gain. Hasil penelitian menunjukan media pembelajaran kokuya dapat digunakan dalam pembelajaran berdasarkan penilaian ahli materi sebesar 75 % dan ahli media sebesar 90,9 %, serta hasil perhitungan uji-t dimana t hitung < t-abel yaitu -11,4388 dan n-gain 0,52 yang termasuk dalam kategori sedang. Hasil belajar siswa meningkat dari pretest sebesar 71,25 meningkat pada postest sebsar 86,25. Simpulan dari penelitian ini adalah media pembelajaran komik suku dan budaya (kokuya) sangat layak dan efektif digunakan dalam peningkatan hasil belajar pembelajaran PPKn materi suku dan budaya di Indonesia. Saran untuk penelitian selanjutnya mengacu dari penelitian ini bahwa untuk penelitian selanjutnya dapat menyiapkan desain dengan lebih detail dan lebih matang

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar; media pembelajaran kokuya; PPKn
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 23 Jan 2020 18:41
Last Modified: 23 Jan 2020 18:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34737

Actions (login required)

View Item View Item