KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE NHT DALAM PEMBELAJARAN DAUR AIR PADA SISWA KELAS V SDN PAGONGAN 1 KECAMATAN DUKUHTURI KABUPATEN TEGAL
Riski Pangestika , 1401415358 (2019) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE NHT DALAM PEMBELAJARAN DAUR AIR PADA SISWA KELAS V SDN PAGONGAN 1 KECAMATAN DUKUHTURI KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE NHT DALAM PEMBELAJARAN DAUR AIR PADA SISWA KELAS V SDN PAGONGAN 1 KECAMATAN DUKUHTURI KABUPATEN TEGAL)
- Published Version
Download (930kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Pelaksanaan pembelajaran IPA masih monoton, guru jarang melakukan praktik dan sering menggunakan metode konvensional seperti ceramah, sehingga siswa merasa bosan dan cenderung pasif. Dalam hal motivasi siswa sangat kurang antusias dan kesiapan belajarnya juga kurang. Di kelas VB guru sudah pernah menggunakan metode diskusi, namun masih banyak siswa yang kebingungan, sedangkan di kelas VA yang belum pernah melakukan metode diskusi, guru lebih sering menggunakan metode ceramah dan media gambar dalam pembelajaran IPA. Keadaan demikian mendorong peneliti untuk mencari alternatif dalam membelajarkan IPA melalui model pembelajaran tipe NHT. Tujuan penelitian ini untuk menguji keefektifan model pembelajaran tipe NHT ditinjau dari motivasi dan hasil belajar IPA di kelas V. Desain penelitian ini menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Pagongan 01 tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 46 siswa terdiri dari kelas VA dan VB. Sampel penelitian ini yaitu semua anggota populasi. Kelas VA sebagai kelas kontrol dan kelas VB sebagai kelas eksperimen, uji coba instrumen dilakukan di kelas V SD Negeri Lawatan 01. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi wawancara, dokumentasi, observasi, tes, dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat analisis, meliputi uji normalitas dan homogenitas, dan uji hipotesis. Uji hipotesis penelitian ini menggunakan independent samples t test dan one samples t test. Hasil penelitian uji hipotesis motivasi belajar siswa dengan perhitungan menggunakan rumus independent samples t test menunjukkan bahwa, thitung > ttabel (6,210>2,015), sehingga H01 ditolak. Hasil uji hipotesis hasil belajar menggunakan rumus independent samples t test menunjukkan bahwa thitung > ttabel (2,390 > 2,015) sehingga H02 ditolak. Perhitungan uji keefektifan motivasi belajar menggunakan uji one samples t test menunjukkan bahwa, thitung > ttabel (8,003 > 2,074), sehingga H03 ditolak. Perhitungan uji keefektifan hasil belajar menggunakan uji one samples t test menunjukkan bahwa, thitung > ttabel (3,228 > 2,074), sehingga H04 ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran tipe NHT efektif ditinjau dari motivasi dan hasil belajar IPA materi daur air pada siswa kelas V. Disarankan, guru hendaknya mengunakan model pembelajaran tipe NHT karena terbukti efektif dalam motivasi dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Motivasi Belajar, Model Tipe NHT. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 23 Jan 2020 18:30 |
Last Modified: | 23 Jan 2020 18:30 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34734 |
Actions (login required)
View Item |