PENGARUH KEDISIPLINAN GURU DAN GAYA MENGAJAR GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD GUGUS BUDI UTOMO MIJEN KOTA SEMARANG


Eva Sagita , 1401415355 (2019) PENGARUH KEDISIPLINAN GURU DAN GAYA MENGAJAR GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD GUGUS BUDI UTOMO MIJEN KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH KEDISIPLINAN GURU DAN GAYA MENGAJAR GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD GUGUS BUDI UTOMO MIJEN KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (PENGARUH KEDISIPLINAN GURU DAN GAYA MENGAJAR GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD GUGUS BUDI UTOMO MIJEN KOTA SEMARANG) - Published Version
Download (605kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil identifikasi yang dilakukan pada bulan November 2018 mengenai prestasi belajar siswa kelas IV di SD Gugus Budi Utomo Mijen Kota Semarang yang beranekaragam. Ada siswa yang memperoleh nilai maksimal, namun ada juga siswa yang masih memiliki nilai di bawah KKM. Hal tersebut disebabkan karena kurangnya kedisiplinan guru dan variasi gaya mengajar guru dalam pembelajaran sehingga siswa cenderung tidak disiplin dan kurang antusias dalam mengikuti proses belajar mengajar di kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh kedisiplinan guru dan gaya mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa kelas IV SD Gugus Budi Utomo Mijen Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Penelitian dilaksanakan di SD Gugus Budi Utomo pada bulan Maret-April 2019 dengan populasi guru dan siswa kelas VI sebanyak 212 orang dan sampel sebanyak 106 orang. Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel kedisiplinan guru dan gaya mengajar guru sebagai variabel bebas dan variabel prestasi belajar siswa sebagai variabel terikat. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster sampling. Pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji prasyarat data meliputi uji normalitas, linieritas, dan multikolinieritas. Teknik analisis data meliputi analisis statistik deskriptif, korelasi sederhana, korelasi ganda, regresi sederhana, regresi berganda, dan koefisien determinan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh antara kedisiplinan guru dan prestasi belajar siswa kelas IV SD Gugus Budi Utomo yang ditunjukkan dengan nilai rhitung=0,828; (2) terdapat pengaruh antara gaya mengajar guru dan prestasi belajar siswa kelas IV SD Gugus Budi Utomo yang ditunjukkan dengan nilai rhitung =0,804; dan (3) terdapat pengaruh antara kedisiplinan guru dan gaya mengajar guru secara bersama-sama terhadap siswa kelas IV SD Gugus Budi Utomo yang ditunjukkan dengan nilai rhitung=0,832 dan Fhitung=112,265 dengan taraf kesalahan 5%. Kontribusi variable bebas terhadap variable terikat sebesar 69,2%. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh antara kedisiplinan guru dan gaya mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa kelas IV SD Gugus Budi Utomo Mijen Kota Semarang. Oleh sebab itu, disarankan agar kedisiplinan guru dan gaya mengajar guru senantiasa ditingkatkan supaya siswa memperoleh prestasi belajar yang optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kedisiplinan guru, gaya mengajar guru, prestasi belajar siswa.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 23 Jan 2020 18:27
Last Modified: 23 Jan 2020 18:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34733

Actions (login required)

View Item View Item