PENGARUH EKSTRAKURIKULER KEPRAMUKAAN TERHADAP KEDISIPLINAN DAN KONSERVASI LINGKUNGAN SISWA KELAS V SDN GUGUS LARASATI KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG
Meka Noviani , 1401415354 (2019) PENGARUH EKSTRAKURIKULER KEPRAMUKAAN TERHADAP KEDISIPLINAN DAN KONSERVASI LINGKUNGAN SISWA KELAS V SDN GUGUS LARASATI KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGARUH EKSTRAKURIKULER KEPRAMUKAAN TERHADAP KEDISIPLINAN DAN KONSERVASI LINGKUNGAN SISWA KELAS V SDN GUGUS LARASATI KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan penelitian yang dilakukan di kelas V SDN Gugus Larasati Kecamatan Gunungpati Kota Semarang yang dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi, diproleh informasi bahwa tingkat kedisiplinan dan konservasi lilngkungan masih kurang, kedua karakter tersebut dapat ditumbuhkan melalui kegiatan yang positif seperti Ekstrakurikuler Kepramukaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekstrakurikuler kepramukaan teerhadap kedisiplinan dan konservasi lingkungan siswa kelas V SDN Gugus Larasati Kecamatan Gunungpati Kota Semarang Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi penelitian yaitu siswa kelas V SDN Gugus Larasati Kecamatan Gunungpati Kota Semarang yang berjumlah 214 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalahnonprobability sampling dengan teknik sampling kuota dengan jumlah 138 siswa. Pengambilan data penelitian berlangsung pada bulan Januari sampai april. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, dokumentasi dan wawancara. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, dan uji linieritas. Uji hipotesis meliputi analisis korelasi sederhana, regresi linier sederhana, dan koefisien determinan. Variabel dalam penelitian ini adalah ekstrakurikuler kepramukan, kedisiplinan siswa dan konservasi lingkungan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, hasil analisis korelasi sederhana dapat dilihat pada nilai Pearson Correlation, untuk ekstrakurikuler kepramukaan dan kedisiplinan siswa sebesar 0,626 dengan nilai signifikansi 0,000, untuk ekstrakurikuler kepramukaan dan konservasi lingkungan siswa sebesar 0,648 dengan nilai signifikansi 0,000. Karena nilai korelasi tersebut pada interval 0,60 – 0,7999 dan nilai signifikansi > 0,05, maka pengaruh variabel tersebut masuk kategori kuat dan ada pengaruh yang signifikan. Hasil koefisien determinasi ekstrakurikuler kepramukaan terhadap kedisiplinan siswa sebesar R2 = 0,392 dan ekstrakkurikuler kepramukaan teerhadap konservasi lingkungan siswa sebesar R2 = 0,419. Berdasarkan penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh ekstrakurikuler kepramukaan terhadap kedisiplinan siswa dan konsservasi lingkungan siswa kelas V SDN Gugus Larasati Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Oleh sebab itu, disarankan meningkatkan kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan agar dapat meningkatkan kedisiplinan dan konservasi lingkungan siswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ekstrakurikuler kepramukaan, kedisiplinan, konservasi lingkungan. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 23 Jan 2020 18:22 |
Last Modified: | 23 Jan 2020 18:22 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34731 |
Actions (login required)
View Item |