PENGEMBANGAN KARTU PANTUN BERBANTUAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA MATERI MELISANKAN PANTUN UNTUK SISWA KELAS V SDN SIDOMULYO 01


Kholifah , 1401415346 (2019) PENGEMBANGAN KARTU PANTUN BERBANTUAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA MATERI MELISANKAN PANTUN UNTUK SISWA KELAS V SDN SIDOMULYO 01. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN KARTU PANTUN BERBANTUAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA MATERI MELISANKAN PANTUN UNTUK SISWA KELAS V SDN SIDOMULYO 01]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN KARTU PANTUN BERBANTUAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA MATERI MELISANKAN PANTUN UNTUK SISWA KELAS V SDN SIDOMULYO 01) - Published Version
Download (697kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan siswa kelas V SD untuk melisankan pantun. Hal ini terjadi karena media yang tersedia di sekolah masih kurang memadai dan kurang mendukung pembelajaran melisankan pantun. Selain itu, guru masih monoton dalam teknik penyampaian materi, tidak menggunakan model pembelajaran yang membuat siswa aktif dan kreatif dalam melisankan pantun. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media kartu pantun untuk kelas V SD, yaitu (1) menghasilkan media kartu pantun, (2) menguji kelayakan media kartu pantun, dan (3) menguji keefektifan media kartu pantun. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Berdasarkan penelitian ini didapatkan hasil sebagai berikut. Rata-rata nilai siswa sebelum mendapat perlakuan (pretest) yaitu 59,52 dan setelah mendapat perlakuan (postest) yaitu 78,27. Persentase peningkatan hasil unjuk kerja melisankan pantun yaitu sebesar 58%. Kartu pantun juga efektif untuk digunakan sebagai media penunjang pembelajaran Bahasa Indonesia dengan materi melisankan pantun, terlihat dari hasil uji perbedaan rata-rata dengan thitung sebesar 3,447 lebih besar dari ttabel yang hanya 1,701. Hasil perhitungan N-gain sebesar 0,47, sehingga dapat disimpulkan bahwa kartu pantun efektif meningkatkan keterampilan siswa melisankan pantun.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kartu pantun; melisankan pantun; model kooperatif Teams Games Tournament (TGT)
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 23 Jan 2020 18:15
Last Modified: 23 Jan 2020 18:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34730

Actions (login required)

View Item View Item