KEEFEKTIFAN MODEL COOPERATIVE SCRIPT BERBANTUAN MEDIA AUDIO LAGU TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD GUGUS NYI AGENG SERANG SEMARANG


Ayu Rizqia , 1401415339 (2019) KEEFEKTIFAN MODEL COOPERATIVE SCRIPT BERBANTUAN MEDIA AUDIO LAGU TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD GUGUS NYI AGENG SERANG SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MODEL COOPERATIVE SCRIPT BERBANTUAN MEDIA AUDIO LAGU TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD GUGUS NYI AGENG SERANG SEMARANG]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL COOPERATIVE SCRIPT BERBANTUAN MEDIA AUDIO LAGU TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD GUGUS NYI AGENG SERANG SEMARANG) - Published Version
Download (12MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang ditemukan dalam pembelajaran IPS di SD Gugus Nyi Ageng Serang adalah kurangnya kemampuan berpikir kritis siswa dan siswa sulit mengingat materi yang dipelajari. Permasalahan ini berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menguji (1) keefektifan model Cooperative Script berbantuan media audio lagu dibandingkan dengan model konvensional dalam meningkatkan hasil belajar IPS, (2) keefektifan model Cooperative Script berbantuan media audio lagu dalam meningkatkan hasil belajar IPS, (3) keefektifan model Cooperative Script berbantuan media audio lagu dalam meningkatkan hasil belajar IPS, jika pengaruh variabel pengetahuan awal diperhitungkan. Desain penelitian menggunakan quasi experimental design dengan bentuk nonequivalent control group design. Populasinya adalah siswa kelas IV SD Gugus Nyi Ageng Serang tahun pelajaran 2018/2019. Dengan teknik cluster random sampling diperoleh sampel penelitian yaitu kelas IV SDN Mangkang Kulon 03 sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran Cooperative Script berbantuan media audio lagu, kelas IV SDN Mangkang Kulon 01 sebagai kelas kontrol dengan menerapkan model pembelajaran konvensional, dan kelas V SDN Mangunharjo sebagai kelas ujicoba instrument penelitian. Variabel terikatnya adalah hasil belajar IPS. Variabel bebasnya adalah model Cooperative Script berbantuan media audio lagu. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Analisis data akhir meliputi uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Cooperative Script berbantuan media audio lagu pada kelas eksperimen lebih efektif daripada model konvensional pada kelas kontrol. Ketuntasan belajar kelas eksperimen mencapai 75% sedangkan pada kelas kontrol persentase siswa yang tuntas belajar yaitu 70% yang artinya belum mencapai KKM yang ditetapkan. Terdapat peningkatan hasil belajar pretest dan postest. Hasil uji t diperoleh thitung (2,9871) > ttabel (2,0301) yang artinya rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih dari rata-rata hasil belajar kelas kontrol. Uji peningkatan rata-rata menggunakan N-Gain diperoleh nilai NGain kelas eksperimen dengan kategori tinggi sebesar (0,7756) lebih tinggi dibanding kelas kontrol dengan kategori sedang sebesar (0,5779). Simpulan hasil penelitian ini adalah model pembelajaran Cooperative Script berbantuan media audio lagu lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional. Saran penelitian yaitu penerapan model pembelajaran di kelas sebaiknya dapat menjadikan siswa berpikir kritis dan aktif dalam proses pembelajaran serta menciptakan suasana belajar yang menyenangkan sehingga siswa dapat membangun sendiri pemahamannya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Cooperative Script;Hasil Belajar; IPS; Media Audio Lagu
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 23 Jan 2020 14:57
Last Modified: 23 Jan 2020 14:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34723

Actions (login required)

View Item View Item