KEEFEKTIFAN MODEL GROUP INVESTIGATION BERBANTU MEDIA CROSSWORD PUZZLE DITINJAU DARI MINAT DAN HASIL BELAJAR PKn PADA SISWA KELAS V SDN HARJOSARI LOR 02 KABUPATEN TEGAL


Wahyu Pamungkas , 1401415338 (2019) KEEFEKTIFAN MODEL GROUP INVESTIGATION BERBANTU MEDIA CROSSWORD PUZZLE DITINJAU DARI MINAT DAN HASIL BELAJAR PKn PADA SISWA KELAS V SDN HARJOSARI LOR 02 KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MODEL GROUP INVESTIGATION BERBANTU MEDIA CROSSWORD PUZZLE DITINJAU DARI MINAT DAN HASIL BELAJAR PKn PADA SISWA KELAS V SDN HARJOSARI LOR 02 KABUPATEN TEGAL]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL GROUP INVESTIGATION BERBANTU MEDIA CROSSWORD PUZZLE DITINJAU DARI MINAT DAN HASIL BELAJAR PKn PADA SISWA KELAS V SDN HARJOSARI LOR 02 KABUPATEN TEGAL) - Published Version
Download (669kB) | Preview

Abstract

Minat merupakan salah satu faktor yang berpengaruh terhadap keberhasilan belajar siswa. Penggunaan model pembelajaran yang sama secara terus menerus di semua mata pelajaran menyebabkan siswa cenderung bosan. Hal ini terjadi dalam proses pembelajaran PKn dimana guru dalam pembelajarannya hanya menggunakan model konvensional tanpa adanya variasi model dan media pembelajaran yang digunakan. Rendanya minat siswa dalam mengikuti pembelajaran PKn berdampak pada kurang optimalnya hasil belajar yang dicapai siswa. Untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam mata pelajaran PKn diperlukan kreatifitas guru dalam menyajikan materi ajar melalui penerapan model pembelajaran yang inovatif salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran group investigation berbantu media crossword puzzle. Tujuan penelitian ini untuk menguji keefektifan model pembelajaran group investigation berbantu media crossword puzzle ditinjau dari minat dan hasil belajar PKn pada siswa kelas V SDN Harjosari Lor 02 Kabupaten Tegal, dengan materi yang diajarkan yaitu menghargai keputusan bersama. Peneliti menggunakan desain penelitian quasi experimental berbentuk Nonequivalent control group design. Jumlah populasi yang digunakan sebanyak 50 siswa dengan rincian 23 siswa kelas V SDN Harjosari Lor 02 sebagai kelas eksperimen dan 27 siswa kelas V SDN Harjosari Lor 05 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan seluruh jumlah anggota populasi (sampling jenuh). Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat analisis yang terdiri dari uji normalitas dan homogenitas, serta analisis akhir yaitu untuk pengujian hipotesis terdiri dari uji perbedaan dan uji keefektifan. Hasil uji hipotesis perbedaan menggunakan uji independent sample t test, data minat belajar diperoleh thitung > ttabel (7,294 > 2,011), pada data hasil belajar siswa diperoleh thitung > ttabel (2,392 > 2,011), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil uji hipotesis keefektifan menggunakn one sample t test, data minat belajar diperoleh thitung > ttabel (9,606 > 2,074), pada data hasil belajar siswa diperoleh thitung > ttabel (3,306 > 2,074), maka Ho ditolak dan Ha diterima Berdasarkan data hasil pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa penerapan model group investigation berbantu media crossword puzzle efektif ditinjau dari minat dan hasil belajar PKn pada siswa kelas V materi menghargai keputusan bersama.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, media crossword puzzle, minat belajar, model group investigation
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 23 Jan 2020 14:53
Last Modified: 23 Jan 2020 14:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34722

Actions (login required)

View Item View Item