HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS CAKRA SEMARANG


Victoria Elva Rugian , 1401415337 (2019) HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS CAKRA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS CAKRA SEMARANG]
Preview
PDF (HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS CAKRA SEMARANG) - Published Version
Download (613kB) | Preview

Abstract

Pola asuh orang tua dan motivasi berprestasi merupakan beberapa faktor yang mempengaruhi hasil belajar Matematika. Pola asuh orang tua adalah perilaku yang diterapkan orang tua kepada anaknya secara konstan. Motivasi berprestasi adalah keinginan untuk mampu mencapai hasil yang baik dari apa yang telah dikerjakan. Tujuan penelitian ini adalah (1) menguji hubungan antara pola asuh orang tua dengan hasil belajar Matematika; (2) menguji hubungan antara motivasi berprestasi dengan hasil belajar Matematika; (3) menguji hubungan antara pola asuh orang tua dan motivasi berprestasi dengan hasil belajar Matematika. Penelitian ini menggunakan metode penelitian korelasi dengan menggunakan data kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri Gugus Cakra Semarang sebanyak 150 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh. Variabel penelitian ini meliputi pola asuh orang tua, motivasi berprestasi, dan hasil belajar Matematika. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Uji instrumen dilakukan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis korelasi product moment. Hasil analisis data menunjukkan: (1) ada hubungan antara pola asuh orang tua dengan hasil belajar Matematika, nilai rhitung = 0,217, termasuk kategori rendah serta berkontribusi sebesar 4,70%; (2) ada hubungan antara motivasi berprestasi dengan hasil belajar Matematika, nilai rhitung = 0,233, termasuk kategori rendah serta berkontribusi sebesar 5,42%; (3) ada hubungan antara pola asuh orang tua dan motivasi berprestasi dengan hasil belajar Matematika, nilai rhitung = 0,388 termasuk kategori rendah serta berkontribusi sebesar 15,05% terhadap hasil belajar Matematika dan 84,95% ditentukan oleh faktor lain yang tidak diteliti. Simpulan penelitian ini menunjukkan ada hubungan antara pola asuh orang tua dengan hasil belajar Matematika; ada hubungan antara motivasi berprestasi dengan hasil belajar Matematika; ada hubungan antara pola asuh orang tua dan motivasi berprestasi dengan hasil belajar Matematika. Diharapkan hasil penelitian ini dapat menambah pengetahuan guru tentang hubungan pola asuh orang tua dan motivasi berprestasi dengan hasil belajar Matematika. Sekolah dapat mensosialisasikan pentingnya pola asuh orang tua dan motivasi berprestasi kepada guru dan orang tua agar dapat bekerja sama dalam memantau perkembangan dan hasil belajar Matematika siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar Matematika; motivasi berprestasi; pola asuh orang tua
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 23 Jan 2020 14:50
Last Modified: 23 Jan 2020 14:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34721

Actions (login required)

View Item View Item