PENGARUH KOMPENSASI DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA GURU SD SE-DABIN III KECAMATAN PANGKAH KABUPATEN TEGAL


Ryan Adi Wibowo , 1401415336 (2019) PENGARUH KOMPENSASI DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA GURU SD SE-DABIN III KECAMATAN PANGKAH KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH KOMPENSASI DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA GURU SD SE-DABIN III KECAMATAN PANGKAH KABUPATEN TEGAL]
Preview
PDF (PENGARUH KOMPENSASI DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA GURU SD SE-DABIN III KECAMATAN PANGKAH KABUPATEN TEGAL) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kinerja guru dipengaruhi beberapa faktor, salah satunya kompensasi dan budaya organisasi. Kinerja guru menentukan keberhasilan proses belajar yang efektif dan efisien. Kinerja yang baik maka tujuan pendidikan dapat tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompensasi dan budaya organisasi terhadap kinerja guru sekolah dasar se-dabin III Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal. Populasi dalam penelitian ini adalah guru sekolah dasar se-dabin III sebanyak 158 guru dengan jumlah sampel penelitian 122 guru. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling dengan jenis proportionate stratified random sampling. Penelitian ini menggunakan metode penelitian ex post facto dengan jenis penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara tidak terstruktur, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis. Analisis deskriptif digunakan untuk memberikan gambaran mengenai data masing-masing variabel. Uji prasyarat yang digunakan meliputi uji normalitas, linieritas, multikolinieritas, dan heteroskedastisitas. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis korelasi sederhana, regresi sederhana, korelasi berganda, regresi berganda, koefisien determinan, dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kompensasi berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru, dibuktikkan dengan nilai thitung > nilai ttabel (3,675>1,979) dan sumbangan pengaruh sebesar 10,1%; (2) budaya organisasi berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru, dibuktikkan dengan nilai thitung > nilai ttabel (9,782>1,979) dan sumbangan pengaruh sebesar 44,8%; (3) kompensasi dan budaya organisasi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru, dibuktikan dengan nilai Fhitung > Ftabel (49,882 > 3,072) dan sumbangan pengaruh sebesar 45,6%. Disimpulkan bahwa kompensasi dan budaya organisasi berpengaruh terhadap kinerja guru sekolah dasar se-dabin III Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal. Berdasarkan hasil penelitian, guru diharapkan menciptakan kondisi budaya organisasi yang baik, kondusif dan secara kekeluargaan. Melalui pemberian kompensasi, hendaknya guru meningkatkan kualitas kinerjanya sesuai dengan tanggung jawab guna mencapai visi dan misi sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Budaya Organisasi; Kinerja Guru, Kompensasi.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 23 Jan 2020 14:44
Last Modified: 23 Jan 2020 14:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34720

Actions (login required)

View Item View Item