HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA DAN MOTIVASI DENGAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SD GUGUS LARASATI KOTA SEMARANG
Singgih Tri Nugroho , 1401415332 (2019) HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA DAN MOTIVASI DENGAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SD GUGUS LARASATI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA DAN MOTIVASI DENGAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SD GUGUS LARASATI KOTA SEMARANG)
- Published Version
Download (882kB) | Preview |
Abstract
Perhatian orang tua dan motivasi belajar belajar merupakan beberapa faktor yang mempengaruhi hasil belajar IPA siswa. Perbedaan tingkat perhatian orang tua dan motivasi belajar menyebabkan hasil belajar antar siswa berbeda. Tujuan penelitian ini adalah (1) menguji hubungan antara perhatian orang tua dengan hasil belajar IPA siswa; (2) menguji hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar IPA siswa; (3) menguji hubungan antara perhatian orang tua dan motivasi belajar dengan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Gugus Larasati Kecamatan Semarang Barat Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis korelasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Gugus Larasati Kecamatan Semarang Barat Kota Semarang sebanyak 127 siswa, dan sampel sebanyak 113 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik kuota sampling. Variabel penelitian ini meliputi perhatian orang tua, motivasi belajar, dan hasil belajar IPA. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Uji instrumen dilakukan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis korelasi product moment. Hasil analisis data menunjukkan: (1) ada hubungan yang positif dan signifikan antara perhatian orang tua dengan hasil belajar IPA siswa, nilai rhitung = 0,761, termasuk kategori kuat serta berkontribusi sebesar 57,9%; (2) ada hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar IPA siswa, nilai rhitung = 0,738, termasuk kategori kuat serta berkontribusi sebesar 54,4%; (3) ada hubungan yang positif dan signifikan antara perhatian orang tua dan motivasi belajar dengan hasil belajar IPA siswa, nilai rhitung = 0,797 termasuk kategori kuat serta berkontribusi sebesar 63,5% terhadap hasil belajar siswa dan 36,5% ditentukan oleh faktor lain yang tidak diteliti. Simpulan penelitian ini menunjukkan ada hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar muatan pembelajaran IPA siswa; ada hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar muatan pembelajaran IPA siswa; ada hubungan yang positif dan signifikan antara perhatian orang tua dan motivasi belajar dengan hasil belajar muatan pembelajaran IPA siswa. Semakin tinggi tingkat perhatian orang tua dan semakin tinggi motivasi belajar, maka semakin baik pula hasil belajar IPA. Bagi orang tua siswa, hendaknya memperhatikan kebutuhan siswa, sehingga siswa dapat semangat dalam mencapai keberhasilan belajar.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar; motivasi belajar; perhatian orang tua. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 23 Jan 2020 14:38 |
Last Modified: | 23 Jan 2020 14:38 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34719 |
Actions (login required)
View Item |