EFEKTIVITAS METODE COOPERATIVE LEARNING TEKNIK PAIRED STORY TELLING BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASH UNTUK KETERAMPILAN MENYIMAK DAN BERBICARA BAHASA ARAB SISWA KELAS XI MA DARUL ULUM KUDUS


Shofiana Alfa Rafika , 2303414022 (2019) EFEKTIVITAS METODE COOPERATIVE LEARNING TEKNIK PAIRED STORY TELLING BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASH UNTUK KETERAMPILAN MENYIMAK DAN BERBICARA BAHASA ARAB SISWA KELAS XI MA DARUL ULUM KUDUS. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of EFEKTIVITAS METODE COOPERATIVE LEARNING TEKNIK PAIRED STORY TELLING BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASH UNTUK KETERAMPILAN MENYIMAK DAN BERBICARA BAHASA ARAB SISWA KELAS XI MA DARUL ULUM KUDUS]
Preview
PDF (EFEKTIVITAS METODE COOPERATIVE LEARNING TEKNIK PAIRED STORY TELLING BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASH UNTUK KETERAMPILAN MENYIMAK DAN BERBICARA BAHASA ARAB SISWA KELAS XI MA DARUL ULUM KUDUS) - Published Version
Download (853kB) | Preview

Abstract

Pada lembaga pendidikan yang bersifat formal seperti sekolah, keberhasilan pendidikan dapat dilihat dari hasil belajar siswa dalam prestasi belajarnya. Untuk mencapai tujuan pembelajaran secara maksimal harus didukung dengan komponen pembelajaran yang baik, yaitu meliputi tujuan, siswa, guru, metode, media, sarana, lingkungan pembelajaran, dan evaluasi. Masing-masing komponen memberikan pengaruh terhadap keberhasilan pembelajaran. Akan tetapi, dari beberapa komponen tersebut guru merupakan komponen terpenting dalam pembelajaran. Kualitas dan keberhasilan belajar siswa dipengaruhi oleh kemampuan dan ketepatan guru dalam memilih dan menggunakan metode dan teknik pembelajaran. Dalam hal ini pengajar memerlukan metode dan teknik pembelajaran yang memberikan banyak kesempatan kepada siswa untuk melakukan latihan dan praktik secara langsung. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan metode cooperativelearningteknikpaired story telling berbantuan media pembelajaran flash dalam pembelajaran keterampilan menyimak dan berbicara bahasa Arab siswa kelas XI MA Darul Ulum tahun ajaran 2017-2018. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan keterampilan menyimak dan berbicara bahasa Arab siswa kelas XI MA Darul Ulum, dan (2) mengetahui efektivitas penggunaan metode cooperative learningteknik paired story tellingberbantuan media pembelajaran flash dalam pembelajaran keterampilan menyimak dan berbicara bahasa Arab siswa kelas XI MA Darul Ulum. Jenis dan desain penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain pre-test and post-test group, dengan menggunakan dua kelompok subjek, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti adalah teknik tes dan nontes yang meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi metode ccooperatif ooperatif llearningearningteknikteknikppaired aired sstory tory ttellingellingmmenggunakan enggunakan mmedia edia flflashash dalam pembelajaran menyimak dan berbicara bahasa Arab efektif untuk dalam pembelajaran menyimak dan berbicara bahasa Arab efektif untuk keterampilan menyimak dan berbicara bahasa Arab siswa kelas XI MA Darul keterampilan menyimak dan berbicara bahasa Arab siswa kelas XI MA Darul Ulum. Hal ini terbukti dengan Ulum. Hal ini terbukti dengan dengan hasil tes yaitu pada kelas eksperimen rata-rata dari nilai pre-test keterampilan menyimak 64,15 dan rata-rata dari nilai post-test adalah 86,68. Sedangkan kelas eksperimen untuk nilai pre-test keterampilan berbicara adalah 61,90 dan rata-rata nilai post-test adalah 85,59. Sedangkan diketahui pada kelas kontrol rata-rata dari nilai pre-test keterampilan menyimak adalah 71,90 dan rata-rata dari nilai post-test adalah 72,39. Sedangkan kelas kontrol untuk nilai pre-test keterampilan berbicara adalah 68,38 dan rata-rata dari nilai post-test 68,27.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Metode Cooperative Learning, Teknik Paired Story Telling, Media Audio Visual Flash, Keterampilan Menyimak, Keterampilan Berbicara
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 23 Jan 2020 14:43
Last Modified: 23 Jan 2020 14:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34717

Actions (login required)

View Item View Item