PENGEMBANGAN MEDIA LIFT THE FLAP BOOK BERBASIS GRAFIS PADA MUATAN PEMBELAJARAN IPS MATERI PAKAIAN ADAT INDONESIA KELAS IV SDN PURWOYOSO 01 KOTA SEMARANG
Ratna Handayani , 1401415331 (2019) PENGEMBANGAN MEDIA LIFT THE FLAP BOOK BERBASIS GRAFIS PADA MUATAN PEMBELAJARAN IPS MATERI PAKAIAN ADAT INDONESIA KELAS IV SDN PURWOYOSO 01 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA LIFT THE FLAP BOOK BERBASIS GRAFIS PADA MUATAN PEMBELAJARAN IPS MATERI PAKAIAN ADAT INDONESIA KELAS IV SDN PURWOYOSO 01 KOTA SEMARANG)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan salah satu muatan pembelajaran yang harus ditempuh pada jenjang sekolah dasar karena bertujuan untuk memberikan bekal kepada siswa agar dapat berinteraksi dan bersosialisasi dengan orang lain. Berdasarkan kegiatan pra penelitian di kelas IV SD Negeri Purwoyoso 01 Kota Semarang, ditemukan permasalahan bahwa hasil belajar siswa pada muatan pembelajaran IPS masih rendah, dengan rata-rata kelas 56,67. Hal ini terjadi karena siswa menganggap pembelajaran IPS kurang menyenangkan dan media pembelajaran yang digunakan guru belum optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengembangkan media lift the flap book berbasis grafis; (2) menguji kelayakan media lift the flap book berbasis grafis; dan (3) menguji keefektifan media lift the flap book berbasis grafis pada muatan pembelajaran IPS materi pakaian adat Indonesia kelas IV SDN Purwoyoso 01 Kota Semarang. Jenis penelitian ini Research and Development (R&D) dengan model Borg & Gall dalam Sugiyono. Penelitian ini dibatasi pada delapan tahap, yaitu: 1) potensi dan masalah; 2) pengumpulan data; 3) desain produk; 4) validasi desain; 5) revisi desain; 6) uji coba produk; 7) revisi produk; 8) uji coba pemakaian. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Purwoyoso 01 Kota Semarang sebanyak 39 siswa. Penentuan tingkat kelayakan media berdasarkan uji validasi para ahli dan uji coba kelompok kecil kemudian diterapkan pada kelompok besar. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data awal dan analisis data akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase kelayakan isi materi 85% dengan kriteria “sangat layak”, persentase kelayakan penyajian media 81% dengan kriteria “sangat layak”, persentase rata-rata dari angket tanggapan siswa 96% dengan kriteria “sangat layak, dan persentase rata-rata dari angket tanggapan guru 97% dengan kriteria “sangat layak”. Hasil belajar uji coba pada kelompok besar berada pada kriteria sedang. Dibuktikan dengan hasil rata-rata posttest kelompok besar yaitu 79,16, dibandingkan dengan rata-rata pretest yaitu 54,16 dengan selisih rata-rata 25 dan penigkatan rata-rata (N-Gain) sebesar 0,54. Simpulan penelitian ini adalah media lift the flap book berbasis grafis layak digunakan dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar muatan pembelajaran IPS siswa. Saran dalam penelitanian ini, agar media lift the flap book berbasis grafis dapat digunakan sebagai media dalam kegiatan pembelajaran
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | IPS; lift the flap book; media; pakaian adat. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 23 Jan 2020 14:26 |
Last Modified: | 23 Jan 2020 14:26 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34716 |
Actions (login required)
View Item |