PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK BERBASIS KARAKTER UNTUK MUATAN PEMBELAJARAN IPS MATERI KERAGAMAN EKONOMI INDONESIA KELAS IV B SDN PUDAKPAYUNG 02 SEMARANG


Aulia Kharisma , 1401415328 (2019) PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK BERBASIS KARAKTER UNTUK MUATAN PEMBELAJARAN IPS MATERI KERAGAMAN EKONOMI INDONESIA KELAS IV B SDN PUDAKPAYUNG 02 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK BERBASIS KARAKTER UNTUK MUATAN PEMBELAJARAN IPS MATERI KERAGAMAN EKONOMI INDONESIA KELAS IV B SDN PUDAKPAYUNG 02 SEMARANG]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK BERBASIS KARAKTER UNTUK MUATAN PEMBELAJARAN IPS MATERI KERAGAMAN EKONOMI INDONESIA KELAS IV B SDN PUDAKPAYUNG 02 SEMARANG) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPS berfungsi untuk membina karakter siswa terutama membekali mereka dalam menjalani kehidupan sosial di masyarakat sehingga siswa menjadi pribadi yang baik dan berguna bagi bangsa dan negara. Selain penanaman karakter, media pembelajaran juga memiliki kaitan yang erat dengan proses pembelajaran karena menarik minat peserta didik, memudahkan dalam tercapainya tujuan pembelajaran serta menjadikan pembelajaran lebih aktif, efektif, dan menyenangkan. Permasalahan yang melatar belakangi penelitian ini terjadi pada proses pembelajaran yang berkaitan dengan hasil belajar IPS di kelas IV B SDN Pudakpayung 02 Semarang, dari 32 siswa terdapat 14 siswa yang tidak tuntas di bawah KKM (43,75%) dan 18 di atas KKM (56,25%), belum adanya media pembelajaran yang inovatif serta menarik perhatian siswa untuk belajar. Tujuan Penelitian ini yaitu mengembangkan desain media, menguji kelayakan media, dan menguji keefektifan media komik berbasis karakter untuk muatan IPS materi keragaman ekonomi Indonesia. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV B SDN Pudakpayung 02 Semarang yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik tes dan teknik non tes berupa angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu analisis data produk, analisis data awal uji normalitas, dan analisis data akhir dengan uji-t dan uji n-gain. Hasil penelitian menunjukkan media komik berbasis karakter dinyatakan memiliki kategori sangat layak oleh ahli materi dan ahli media dengan presentase kelayakan ahli materi yaitu 93,75%, dan komponen penyajian sebesar 92,3% dari ahli media. Hasil uji-t diperoleh thitung sebesar 8,299 lebih besar dari ttabel 2,0422, maka media komik berbasis karakter efektif digunakan dalam muatan IPS dengan kriteria sedang. Peningkatan rata-rata n-gain 0,553618 termasuk dalam kriteria sedang. Simpulan penelitian ini adalah media komik berbasis karakter efektif dan layak digunakan pada muatan pelajaran IPS materi keragaman ekonomi Indonesia. Saran untuk penelitian selanjutnya yaitu media komik berbasis karakter dapat digunakan sebagai media alternatif pada muatan pembelajaran lain untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: IPS; karakter; komik; media pembelajaran
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 23 Jan 2020 14:23
Last Modified: 23 Jan 2020 14:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34715

Actions (login required)

View Item View Item