PENGEMBANGAN MEDIA ULAR TANGGA DENGAN MODIFIKASI PERMAINAN MONOPOLI MUATAN PEMBELAJARAN IPS KELAS V A SD NEGERI PETOMPON 02 SEMARANG


Ahmad Fahrudy , 1401415325 (2019) PENGEMBANGAN MEDIA ULAR TANGGA DENGAN MODIFIKASI PERMAINAN MONOPOLI MUATAN PEMBELAJARAN IPS KELAS V A SD NEGERI PETOMPON 02 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA ULAR TANGGA DENGAN MODIFIKASI PERMAINAN MONOPOLI MUATAN PEMBELAJARAN IPS KELAS V A SD NEGERI PETOMPON 02 SEMARANG]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA ULAR TANGGA DENGAN MODIFIKASI PERMAINAN MONOPOLI MUATAN PEMBELAJARAN IPS KELAS V A SD NEGERI PETOMPON 02 SEMARANG) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPS merupakan pembelajaran yang mengkaji tentang kehidupan social, ekonomi, sejarah yang erat kaitannya dengan kehidupan bermasyarakat sesuai empat kompetensi tujuan kurikulum 2013. Berdasarkan data pra penelitian menunjukkan hasil belajar muatan pembelajaran IPS siswa kelas VA kurang optimal dikarenakan adanya kendala kurangnya media pembelajaran yang mendukung jalannya proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media, menguji kelayakan media dan menguji keefektifan media pembelajaran ular tangga modifikasi permainan monopoli pembelajaran IPS kelas V A SDN Petompon 02 Kota Semarang. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model penelitian dan pengembangan yang dikembangkan Sugiyono. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V A SDN Petompon 02 yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan nontes berupa angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu analisi data awal uji normalitas dan data akhir dengan uji-t dan n-gain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga modifikasi permainan monopoli yaitu (1) media permainan Ular Tangga Masa Penjajahan (“Ulat Polisahan”) dinyatakan sangat layak oleh ahli media dan ahli materi dengan presentase penilaian kelayakan media yaitu 77% termasuk kriteria layak, penilaian kelayakan materi yaitu 93,75% termasuk kriteria sangat layak (2) Hasil uji-t diperoleh thitung sebesar 13.61895015 lebih besar daripada ttable 2.045229642, maka media permainan Ular Tangga Masa Penjajahan (“Ulat Polisahan”) efektif digunakan dalam muatan IPS dibuktikan dengan adanya peningkatan rata-rata (N-gain) sebesar 0,72303 yang dikategorikan tinggi. Simpulan penelitian ini adalah Media Ular Tangga modifikasi permainan monopoli Muatan Pembelajaran IPS dikategorikan layak dan efektif untuk digunakan pada pembelajaran IPS materi tersebut. Saran yang diberikan yaitu media ular tangga modifikasi permainan monopoli ini dapat dikembangkan pada mata pelajaran yang lainnya dengan mengembangkan berbagai konsep mata pelajaran yang akan dirancang didalamnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Ular Tangga; Permainan Monopoli; IPS
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 23 Jan 2020 14:20
Last Modified: 23 Jan 2020 14:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34714

Actions (login required)

View Item View Item