EFEKTIFITAS MEDIA LAGU UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KETRAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB KELAS X MAN 2 KOTA SEMARANG TAHUN AJARAN 2017/2018


Akhmad Syahdan Alfan , 2303414017 (2019) EFEKTIFITAS MEDIA LAGU UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KETRAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB KELAS X MAN 2 KOTA SEMARANG TAHUN AJARAN 2017/2018. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of EFEKTIFITAS MEDIA LAGU UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KETRAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB KELAS X MAN 2 KOTA SEMARANG TAHUN AJARAN 2017/2018]
Preview
PDF (EFEKTIFITAS MEDIA LAGU UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KETRAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB KELAS X MAN 2 KOTA SEMARANG TAHUN AJARAN 2017/2018) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Keterampilan berbicara merupakan keterampilan produktif berbahasa yang harus dicapai siswa dalam pembelajaran bahasa Arab. Kemampuan produktif bahasa Arab siswa kelas X MAN2 Kota Semarang tergolong masih rendah. Antusiasme dan keaktifan siswa masih kurang disebabkan oleh beberapa faktor yang salah satunya adalah media yang diaplikasikan dalam pembelajaran kurang inovatif dan monoton, serta kurangnya pemanfaatan media khususnya untuk keterampilan berbicara bahasa Arab siswa dalam menuangkan ide maupun gagasan mereka dalam bentuk ujaran. Oleh karena itu, perlu adanya pengembangan media yang inovatif dalam pembelajaran sehingga siswa termotivasi belajar dengan aktif dan menyenangkan. Salah satunya adalah dengan menerapkan Media Lagu Untuk Meningkatkan Kemampuan Ketrampilan Berbicara Bahsa Arab. Masalah dalam penelitian ini yaitu Bagaimana penerapan Media Lagu dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab siswa kelas X MAN 2 Kota Semarang?. Apakah media lagu efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab siswa kelas X MAN 2 Kota Semarang ?. Jenis dan desain penelitian ini adalah kuantitatif dan kuasi eksperimen berlandasan filsafat positivisme. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Instrumen tes yang digunakan berupa tes lisan. Instruumen nontes yang digunakan adalah observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan nilai kelompok eksperimen dari hasil pretest ke posttest lebih besar dari kelompok kontrol. Besarnya nilai rata-rata posttest berbicara kelompok eksperimen adalah 76,14 dari nilai rata-rata pretest yang sebelumnya adalah 65,14. Sedangkan diketahui pada kelompok kontrol rata-rata nilai posttest berbicara sebesar 69,86 dari nilai ratarata pretest yang sebelumnya adalah 64,86. Dari perhitungan uji hipotesis menggunakan rumus t-test, hipotesis yang diterima adalah hipotesis kerja yang menyatakan bahwa Media lagu efektif untuk keterampilan berbicara bahasa Arab siswa kelas X MAN 2 Kota Semarang tahun ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Lagu Untuk Meningkatkan Kemampuan Ketrampilan Berbicara Bahsa Arab.
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 23 Jan 2020 14:23
Last Modified: 23 Jan 2020 14:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34713

Actions (login required)

View Item View Item