KEEFEKTIFAN MEDIA POWTOON TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI TEGALWANGI 02 KABUPATEN TEGAL


Lusi Karmilah , 1401415324 (2019) KEEFEKTIFAN MEDIA POWTOON TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI TEGALWANGI 02 KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MEDIA POWTOON TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI TEGALWANGI 02 KABUPATEN TEGAL]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MEDIA POWTOON TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI TEGALWANGI 02 KABUPATEN TEGAL) - Published Version
Download (878kB) | Preview

Abstract

Matematika menjadi salah satu mata pelajaran yang sulit bagi siswa. Tak jarang siswa merasa cemas dan kurang tertarik ketika belajar matematika, hal tersebut dapat memicu rendahnya minat dan hasil belajar siswa. Peran guru dibutuhkan untuk mengelola pembelajaran matematika yang menyenangkan dan bermakna, salah satunya melalui penggunaan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Powtoon dapat menjadi media pembelajaran alternatif yang dapat digunakan untuk memaparkan materi ajar agar lebih menarik perhatian, karena perhatian inilah yang penting dalam proses belajar, sehingga dengan perhatian akan timbul rangsangan belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan media powtoon terhadap minat dan hasil belajar matematika materi statistika pada siswa kelas IV SD Negeri Tegalwangi 02 Kabupaten Tegal Desain penelitian yang digunakan yaitu quasi experimental dengan bentuk nonequivalent control group design. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh dan diperoleh sampel sebanyak 50 siswa, yang terdiri dari 24 siswa kelas eksperimen dan 26 siswa kelas kontrol. Teknik pengambilan data menggunakan wawancara tidak terstruktur, observasi, dokumentasi, angket dan tes. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan independent samples t test dan one samples t test. Berdasarkan hasil uji hipotesis perbedaan minat belajar siswa menggunakan rumus independent samples t test menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel (4,905 > 2,011), sedangkan data hasil belajar siswa menujukkan bahwa nilai thitung > ttabel (3,257 > 2,011), sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan minat dan hasil belajar matematika materi statistika antara siswa kelas IV yang menggunakan media powtoon dengan yang menggunakan media konvensional (gambar). Hasil uji keefektifan menggunakan one samples t-test, menujukkan bahwa thitung > ttabel (7,808 > 1,714), sedangkan data hasil belajar siswa menujukkan bahwa thitung > ttabel (4.322 > 1,714). Berdasarkan uji keefektifan tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media powtoon efektif terhadap minat dan hasil belajar matematika materi statistika pasa siswa kelas IV SD Negeri Tegalwangi 02 Kabupaten Tegal. Disarankan kepada guru untuk menerapkan media powtoon dalam pembelajaran, hal ini didasarkan pada hasil penelitian, penggunaan media powtoon efektif terhadap minat dan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, keefektifan, media powtoon, minat belajar,.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 23 Jan 2020 14:16
Last Modified: 23 Jan 2020 14:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34711

Actions (login required)

View Item View Item