AL-FI’L ALLADZI LAM YUSAMMA FA’ILUHU (VERBA PASIF) DALAM AL-QUR’AN JUZ 30 (ANALISIS MORFOSINTAKSIS)


M. Aziz Himawan Akbar , 2303412036 (2019) AL-FI’L ALLADZI LAM YUSAMMA FA’ILUHU (VERBA PASIF) DALAM AL-QUR’AN JUZ 30 (ANALISIS MORFOSINTAKSIS). Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of AL-FI’L ALLADZI LAM YUSAMMA FA’ILUHU (VERBA PASIF) DALAM AL-QUR’AN JUZ 30 (ANALISIS MORFOSINTAKSIS)]
Preview
PDF (AL-FI’L ALLADZI LAM YUSAMMA FA’ILUHU (VERBA PASIF) DALAM AL-QUR’AN JUZ 30 (ANALISIS MORFOSINTAKSIS)) - Published Version
Download (901kB) | Preview

Abstract

Morfosintaksis membicarakan tentang perubahan kata dan bunyi akhir pada suatu kalimat. Pembahasan tentang al-fi‟l alladzi lam yusamma fa‟iluhu atau fi‟l mabni lil majhul berkaitan erat dengan kajian morfosintaksis. al-fi‟l alladzi lam yusamma fa‟iluhu disebut juga dengan fi‟l mabni lil majhul atau verba pasif, yaitu kata kerja yang tidak disebutkan subjeknya yang digantikan oleh pro agen. Pembentukan verba pasif disesuaikan dengan jenis verba berdasarkan kala/aspek, huruf radikal, keaslian bentuk dan jumlah konsonannya. Selain berkaitan dengan jenis, pembahasan verba pasif juga berkaitan dengan wazan, modus, ciri gramatikal, vokal dan pro agen. Dalam Al-Qur‟an juz 30 banyak ditemukan ayatayat yang mengandung al-fi‟l alladzi lam yusamma fa‟iluhu. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1) Bagaimana jenis verba pasif dalam Al-Qur‟an juz 30, 2) Bagaimana wazan verba pasif dalam Al-Qur‟an juz 30, 3) Bagaimana modus verba pasif dalam Al-Qur‟an juz 30, 4) Bagaimana ciri gramatikal dan vokal verba pasif dalam Al-Qur‟an juz 30 dan 5) Bagaimana pro agen verba pasif dalam Al-Qur‟an juz 30. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan desain penelitian library research. Data dalam penelitian ini adalah verba pasif sedangkan sumber data berupa Al-Qur'an juz 30. Instrumen yang digunakan berupa kartu data. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Berdasarkan penelitian pada Al-Qur‟an juz 30 dan pembahasan sebelumnya, peneliti menyimpulkan bahwa peneliti menemukan 38 data verba pasif dengan jenis: a) verba pasif berdasarkan kala/aspek terdiri dari 29 data fi‟l madhi dan 9 fi‟l mudhari‟; b)verba pasif berdasarkan jenis huruf radikal terdiri dari 22 data fi‟l shahih salim, 4 data fi‟l shahih mahmuz, 3 data fi‟l shahih mudha‟af, 5 data fi‟l mu‟tal ajwaf, 3 data fi‟l mu‟tal naqish, dan 1 data fi‟l mu‟tal lafif mafruq; c) verba pasif berdasarkan keaslian bentuk dan jumlah konsonannya terdiri dari 24 data fi‟l tsulatsi mujarrad, 3 data fi‟l ruba‟i mujarrad, dan 11 data tsulatsi mazid; d) verba berdasarkan perubahan bunyi akhir terdiri dari 9 mu‟rab dan 29 mabni. Berdasarkan wazan verba pasif yang terdapat pada Al-Qur‟an juz 30, ditemukan 15 data wazan ( 8 ,(فُعِم data wazan ( 9 ,( فَُْع مَُ data wazan ( 3 ,(فُعِّم data wazan ( 2 ,(فُعْهِم data wazan ( أُفْعِمَُ ), dan 1 data wazan ( فَُ بع مَُ ). Ciri gramatikal verba pasif dalam Al-Qur‟an juz 30 ditemukan 26 data fatchah,9 data dhammah, 2 data nun dan 1 data sukun. Adapun ciri gramatikal hadzfu nun tidak ditemukan dalam Al-Qur‟an juz 30. Pro agen verba pasif dalam Al-Qur‟an juz 30 ditemukan: a) berdasarkan berdasarkan jumlah 22 data mufrad, 16 data jam‟ dan tidak ditemukan jumlah mutsanna; b) berdasarkan gender ditemukan 14 data mudzakar dan 24data mu‟annats.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Morfosintaksis, Verba Pasif.
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 23 Jan 2020 14:12
Last Modified: 23 Jan 2020 14:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34710

Actions (login required)

View Item View Item