KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TEKNIK MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA DAN MEMBACA BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTs DARUL ULUM KERANG KULON DEMAK
Rof’atul Lailiyah , 2303412026 (2019) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TEKNIK MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA DAN MEMBACA BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTs DARUL ULUM KERANG KULON DEMAK. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TEKNIK MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA DAN MEMBACA BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTs DARUL ULUM KERANG KULON DEMAK)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Keterampilan berbicara dan membaca merupakan keterampilan berbahasa yang harus dicapai siswa dalam pembelajaran bahasa Arab. Kemampuan berbicara dan membaca bahasa Arab siswa kelas VII MTs Darul Ulum Demak tergolong masih rendah, hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya adalah model pembelajaran yang diterapkan kurang inovatif dan monoton. Oleh karena itu, perlu adanya penerapan model yang inovatif dalam pembelajaran sehingga siswa aktif dan termotivasi belajar. Salah satunya adalah dengan menggunakan model Cooperative Learning teknik Make A Match. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana keefektifan penggunaan model Cooperative Learning teknik Make A Match dalam pembelajaran keterampilan berbicara dan membaca bahasa Arab siswa kelas VII MTs Darul Ulum Kerang Kulon Demak. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan dan keefektifan model Cooperative Learning teknik Make A Match untuk meningkatkan keterampilan berbicara dan membaca bahasa Arab kelas VII MTs Darul Ulum Kerang Kulon Demak. Jenis dan desain penelitian ini adalah kuantitatif dan eksperimen dengan pola nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Instrument yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai kelas eksperimen rata-rata pre-test keterampilan berbicara 46,4 dan rata-rata post-test keterampilan berbicara 80,1. Sedangkan diketahui pada kelas kontrol rata-rata nilai pre-test keterampilan berbicara 60,8 dan rata-rata nilai post-test keterampilan berbicara 64,73. Sedangkan nilai pre-test kelas eksperimen keterampilan membaca 39,76 dan rata-rata post-test keterampilan membaca 81,96. Sedangkan bilai pre-test kelas kontrol keterampilan membaca 60,23 dan rata-rata nilai post-test keterampilan membaca 63,8. Dari penghitungan uji hipotesis menggunakan rumus t-test, hipotesis yang diterima dalam penelitian ini adalah hipotesis kerja atau alternative (Ha) yaitu model pembelajaran Cooperative Learning teknik Make A Match efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara dan membaca bahasa Arab kelas VII MTs DARUL Ulum Kerang Kulon Demak.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Cooperative Learning, Make A Match, Keterampilan berbicara, Keterampilan membaca |
Subjects: | P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1) |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 23 Jan 2020 14:06 |
Last Modified: | 23 Jan 2020 14:50 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34709 |
Actions (login required)
View Item |