PENILAIAN DIRI MAHASISWA TERHADAP PEMAHAMAN KONSERVASI NILAI DAN KARAKTER DALAM MARUGOTO A2/B1


Annisa Farah Fadila , 2302415061 (2019) PENILAIAN DIRI MAHASISWA TERHADAP PEMAHAMAN KONSERVASI NILAI DAN KARAKTER DALAM MARUGOTO A2/B1. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENILAIAN DIRI MAHASISWA TERHADAP PEMAHAMAN KONSERVASI NILAI DAN KARAKTER DALAM MARUGOTO A2/B1]
Preview
PDF (PENILAIAN DIRI MAHASISWA TERHADAP PEMAHAMAN KONSERVASI NILAI DAN KARAKTER DALAM MARUGOTO A2/B1) - Published Version
Download (817kB) | Preview

Abstract

Pemahaman mahasiswa terhadap konservasi nilai dan karakter pada buku ajar yang digunakan belum maksimal. Dengan menerapkan sistem penilaian diri, mahasiswa akan bisa mengetahui kelemahan maupun kekuatan dirinya pada pemahaman konservasi nilai dan karakter dalam buku Marugoto A2/B1. Tujuan penelitian ini bagaimana penilaian diri mahasiswa terhadap pemahaman konservasi nilai dan karakter dalam marugoto A2/B1. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif deskriptif. Teknik pengolahan data menggunakan skala likert. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif. Sampel penelitian dilakukan secara simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan metode instrumen penilaian diri. Pemahaman konservasi nilai dan karakter inspiratif, humanis, dan peduli pada instrumen memiliki pemahaman yang tinggi terhadap konservasi nilai dan karakter inspiratif, humanis, dan peduli yaitu pada topik supootsu no shiai sebanyak 71.9%, ie o Sagasu sebanyak 43.8%, hotto suru tabemono dan hoomon sebanyak 40.6%, kekkon dan nayami-soodan sebanyak 56.3 %. Sedangkan hasil penilaian diri mahasiswa pada topik kotoba o manabu tanoshimi sebanyak 50%, ryokoo chu notoraburu sebanyak 46.9%, shigoto o sagasu sebanyak 65.6%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, menunjukkan hasil bahwa mayoritas mahasiswa memiliki pemahaman yang tinggi terhadap konservasi nilai karakter inspiratif, humanis, dan peduli sebagai landasan berpikir, bersikap dan berindak saat menggunakan buku ajar marugoto A2/B1.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penilai diri, Konservasi Nilai dan Karakter, Marugoto A2/B1
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 23 Jan 2020 14:01
Last Modified: 23 Jan 2020 14:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34708

Actions (login required)

View Item View Item