PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA PRAKTIKAN MENGENAI BIMBINGAN GUMONG TERHADAP KETERAMPILAN MENGAJAR MAHASISWA PPL PRODI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG


Ammahayu Gettarawan , 2302415040 (2019) PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA PRAKTIKAN MENGENAI BIMBINGAN GUMONG TERHADAP KETERAMPILAN MENGAJAR MAHASISWA PPL PRODI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA PRAKTIKAN MENGENAI BIMBINGAN GUMONG TERHADAP KETERAMPILAN MENGAJAR MAHASISWA PPL PRODI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG]
Preview
PDF (PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA PRAKTIKAN MENGENAI BIMBINGAN GUMONG TERHADAP KETERAMPILAN MENGAJAR MAHASISWA PPL PRODI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG) - Published Version
Download (730kB) | Preview

Abstract

Program Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan sarana paling penting untuk mahasiswa dalam melatih keterampilan mengajar sebagai calon guru. Setiap mahasiswa praktikan akan didampingi oleh gumong untuk memberikan bimbingan yang telah ditentukan selama PPL. Peran gumong dalam memberikan bimbingan ini akan sangat mempengaruhi mahasiswa dalam melaksanakan PPL. Bimbingan yang diberikan oleh gumong secara tidak disadari akan menimbulkan persepsi pada diri mahasiswa. Persepsi mahasiswa akan berpengaruh pada keterampilan mengajarnya. Mahasiswa yang memiliki persepsi positif terhadap bimbingan gumong maka akan lebih bersemangat dalam mengasah keterampilannya. Begitu juga sebaliknya. Berdasarkan studi pendahuluan, mahasiswa praktikan prodi pendidikan bahasa jepang angkatan 2015 ketika PPL ada yang bersemangat dalam mengasah keterampilan mengajarnya di kelas, ada pula yang sekedar melaksanakan PPL dengan apa adanya tanpa adanya semangat mengasah keterampilan mengajarnya sebagai calon guru. Berdasarkan pengamatan peneliti, kemungkinan keadaan tersebut terjadi karena bimbingan oleh gumong masih kurang. Dalam proses PPL, guru hanya sesekali masuk kelas ketika mahasiswa sedang mengajar, tidak memberikan feedback ketika selesai mengajar, dan lain sebagainya Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh persepsi mahasiswa praktikan mengenai bimbingan gumong terhadap keterampilan mengajar mahasiswa PPL Prodi Pendidikan Bahasa Jepang. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah 50 mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa Jepang angkatan 2015. Terdapat dua variabel dalam penelitian ini yaitu persepsi mahasiswa praktikan mengenai bimbingan gumong dan keterampilan mengajar mahasiswa PPL Prodi Pendidikan Bahasa Jepang. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan angket. Analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan analisis regresi dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan nilai r product moment, rhitung= 0,376 > rtabel=0,312 dengan persamaan linier sederhana Y= 83,522 + 1,118X, berarti bahwa persepsi mahasiswa praktikan mengenai bimbingan gumong berpengaruh terhadap keterampilan mengajar mahasiswa praktikan. Besarnya pengaruh tersebut sebesar R2 = 14,1%. Maka, berdasarkan hasil penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa sebesar 14,1% persepsi mahasiswa mengenai bimbingan gumong berpengaruh terhadap keterampilan mengajar mahasiswa PPL Prodi Pendidikan Bahasa Jepang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Bimbingan Gumong, Keterampilan Mengajar
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 23 Jan 2020 13:46
Last Modified: 23 Jan 2020 13:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34703

Actions (login required)

View Item View Item