PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN VARIASI MENGAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS IV SD SE-DABIN I KECAMATAN TEGAL SELATAN KOTA TEGAL


Sofiatun , 1401415320 (2019) PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN VARIASI MENGAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS IV SD SE-DABIN I KECAMATAN TEGAL SELATAN KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN VARIASI MENGAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS IV SD SE-DABIN I KECAMATAN TEGAL SELATAN KOTA TEGAL]
Preview
PDF (PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN VARIASI MENGAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS IV SD SE-DABIN I KECAMATAN TEGAL SELATAN KOTA TEGAL) - Published Version
Download (863kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar merupakan hasil yang diperoleh siswa sebagai hasil dari kegiatan belajar. Ada dua faktor yang memengaruhi hasil belajar siswa, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor eksternal adalah faktor yang berasal dari luar diri siswa salah satunya adalah fasilitas belajar. Faktor lain yang memengaruhi hasil belajar adalah variasi mengajar guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fasilitas belajar dan variasi mengajar terhadap hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar se-Dabin 1 Kecamatan Tegal Selatan, Kota Tegal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV Sekolah Dasar se-Dabin 1 Kecamatan Tegal Selatan, Kota Tegal sebanyak 260 siswa. Sampel penelitian sebanyak 163 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling dengan jenis proportionate stratified random sampling. Penelitian ini menggunakan metode penelitian ex post facto dengan jenis penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara tidak terstruktur, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis. Analisis deskriptif digunakan untuk memberikan gambaran mengenai data masing-masing variabel. Uji prasyarat yang digunakan meliputi uji normalitas, linieritas, multikolinieritas, dan heteroskedastisitas. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t satu sampel, analisis korelasi sederhana, regresi sederhana, korelasi berganda, regresi berganda, koefisien determinan, dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan fasilitas belajar terhadap hasil belajar dengan sumbangan pengaruh sebesar 20,1%; (2) terdapat pengaruh variasi mengajar terhadap hasil belajar dengan sumbangan pengaruh 11,6%; (3) terdapat pengaruh fasilitas belajar dan variasi mengajar terhadap hasil belajar dengan sumbangan pengaruh sebesar 25,9%. Dapat disimpulkan bahwa: fasilitas belajar dan motivasi mengajar berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar se-Dabin 1 Kecamatan Tegal Selatan, Kota Tegal.Berdasarkan hasil penelitian, maka semua pihak baik guru maupun orangtua hendaknya memerhatikan dan meningkatkan fasilitas belajar dan variasi mengajar, sehingga dapat mencapai hasil belajar yang lebih optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Fasilitas Belajar; Hasil Belajar; Variasi Mengajar.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 23 Jan 2020 13:42
Last Modified: 23 Jan 2020 13:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34700

Actions (login required)

View Item View Item