PENGARUH PENGELOLAAN KELAS DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD SE-GUGUS CIPTO MANGUNKUSUMO KECAMATAN MARGADANA KOTA TEGAL


Septiyana Rizki Azizah , 1401415317 (2019) PENGARUH PENGELOLAAN KELAS DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD SE-GUGUS CIPTO MANGUNKUSUMO KECAMATAN MARGADANA KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PENGELOLAAN KELAS DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD SE-GUGUS CIPTO MANGUNKUSUMO KECAMATAN MARGADANA KOTA TEGAL]
Preview
PDF (PENGARUH PENGELOLAAN KELAS DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD SE-GUGUS CIPTO MANGUNKUSUMO KECAMATAN MARGADANA KOTA TEGAL) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Motivasi belajar merupakan dorongan internal dan eksternal yang terdapat pada diri siswa yang sedang belajar untuk mengadakan perubahan tingkah laku baik yang dapat diamati atau tidak. Motivasi dibagi menjadi dua, motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik. Motivasi intrinsik merupakan motivasi belajar yang berasal dari dalam diri siswa. Motivasi intrinsik berasal dari diri siswa tersebut sedangkan motivasi ekstrinsik dapat dipengaruhi oleh banyak hal seperti lingkungan sekolah, teman sebaya, fasilitas belajar dan kemampuan guru dalam mengelola kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pengelolaan Kelas dan Fasilitas Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD se-Gugus Cipto Mangunkusumo Kecamatan Margadana Kota Tegal. Penelitian ini menggunakan metode ex post facto dengan jenis penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV se-Gugus Cipto Mangunkusumo Kecamatan Margadana Kota Tegal sebanyak 143 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling dengan jenis simple random sampling. Pengujian hipotesis dalam penelitan ini menggunakan analsisis korelasi sederhana, analisis regresi sederhana, analisis korelasi berganda, analisis regresi berganda (R), koefisien determinan (R2), dan uji koefisien regresi secara bersama-sama (uji F). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh yang positif dan signifikan pengelolaan kelas terhadap motivasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan dengan nilai thitung > ttabel (7,944 > 1,983) ; (2) ada pengaruh yang positif dan signifikan fasilitas belajar terhadap motivasi belajar siswa yang di tunjukkan dengan nilai thitung > ttabel (5,133 > 1,983) ; (3) ada pengaruh yang positif dan signifikan pengelolaan kelas dan fasilitas belajar terhadap motivasi belajar siswa yang di tunjukkan dengan nilai Fhitung lebih > pada Ftabel (37,525>3,084); (4) besarnya pengaruh pengelolaan kelas terhadap motivasi belajar siswa 37,8% ; (5) besarnya pengaruh fasilitas belajar terhadap motivasi belajar 20,2%; (6) besarnya pengaruh pengelolaan kelas dan fasilitas belajar terhadap motivasi belajar sebesar 42,2%. Dapat disimpulkan bahwa pengelolaan kelas dan fasilitas belajar berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian maka guru hendaknya memberikan motivasi belajar dan meningkatkan keterampilan mengelola kelas dan memanfaatkan fasilitas belajar di dalam kelas agar tujuan yang direncanakan dapat tercapai.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: fasilitas belajar, motivasi belajar siswa, pengelolaan kelas.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 22 Jan 2020 20:35
Last Modified: 22 Jan 2020 20:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34688

Actions (login required)

View Item View Item